sign up SIGN UP search


parenting

5 Rekomendasi Obat Batuk Anak yang Bisa Dibeli di Apotek, Perhatikan Batasan Usia

Annisa Karnesyia   |   Haibunda Senin, 31 Jan 2022 10:50 WIB
REKOMENDASI OBAT BATUK BERDAHAK DAN KERING UNTUK ANAK
Anak minum obat Ilustrasi Obat Batuk Anak/ Foto: Getty Images/iStockphoto/DEMIURGE_100

2. Hufagrip Syrup

Hufagrip Syrup bisa digunakan untuk anak usia 2 sampai 12 tahun. Sementara untuk anak usia di bawah 2 tahun harus dengan petunjuk dokter.

Obat batuk ini bisa dikonsumsi 3 kali sehari 1 dengan takaran berbeda untuk setiap jenis obat. Untuk gejala flu disertai batuk berdahak, Bunda bisa menggunakan Hufagrip Syrup Flu & Batuk rasa tutty fruity. Sedangkan untuk batuk tidak berdahak dan pilek bisa gunakan Hufagrip BP Syrup rasa strawberry.

Di tiap 5 ml obat batuk berdahak mengandung paracetamol 120 mg, pseudoephedrine HCI 7,5 mg, chlorphenamine maleate 0,5 mg, dan glyceryl guaiafenesin 50 mg. Sementara itu, kandungan untuk batuk tidak berdahak adalah dextromethorphan HBr 7,5 mg, pseudoephedrine HCI 15 mg, chlorphenamine Maleate 0,5 mg.


3. Vicks Formula Anak

Obat batuk ini dapat digunakan untuk mengobati batuk berdahak dan kering. Kandungan obat adalah dextromethorphan HBr dan guaifenesin, Bunda.

Dosis pemberian obat cair ini adalah 1 sendok takar (5 ml) setiap jam untuk anak usia 2-6 tahun. Sementara untuk anak 6-12 tahun dapat diberikan 2 sendok takar (10 mL) setiap 4 jam sesuai dengan kebutuhan.

Obat batuk ini bisa meredakan batuk dan melegakan tenggorokan. Obat hanya memiliki satu rasa, yakni strawberry.

4. Termorex Plus

Sirup obat batuk ini bermanfaat untuk meringankan gejala flu, seperti demam, sakit kepala, hidung tersumbat, dan bersin-bersin. Obat tersedia dalam kemasan 30 dan 60 ml.

Tiap sendok takar (5 ml) mengandung paracetamol 120 mg, pseudoephedrine HCl 7.5 mg, gliseril guaiakoalat 25 mg, dan chlorpheniramine Maleate 0.5 mg.

Dosis obat untuk anak 2-5 tahun adalah 3 x 1 sendok takar sehari. Untuk anak 6-12 tahun adalah 3 x 2 sendok takar sehari.

5. Bisolvon Kids

Bisolvon Kids merupakan golongan obat bebas terbatas yang bisa meredakan batuk berdahak pada anak-anak. Dilansir laman resminya, obat ini mengandung bromhexin HCl 4mg/5 ml yang bisa mengencerkan dahak, sehingga mudah dikeluarkan saat Si Kecil batuk, Bunda.

Sirup obat batuk ini cocok untuk anak usia 2 tahun ke atas atau pengidap diabetes. Rasa strawberry sirup obat tidak mengandung gula.

Dosis pemberian obat menyesuaikan usia, yakni:

  • Anak 2-5 tahun: 2 x 5 ml per hari
  • Anak 6-10 tahun: 3 x 5 ml per hari
  • Di atas 10 tahun: 3 x 10 ml per hari

Penggunaan obat-obat batuk di atas harus sesuai petunjuk di kemasan ya, Bunda. Jangan lupa untuk membaca efek samping dari setiap obat. Namun, yang perlu diingat, lebih baik konsultasi pada dokter terlebih dahulu sebelum memberi anak obat batuk.

(ank/rap)
HALAMAN :
ARTIKEL SELANJUTNYA
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!