sign up SIGN UP search


parenting

Viral Bayi di Riau Pingsan hingga Membiru Saat Menangis, Kenali Breath Holding Spell

Asri Ediyati   |   Haibunda Senin, 20 Jun 2022 21:30 WIB
Ilustrasi bayi menangis Ilustrasi bayi menangis hingga pingsan/ Foto: istock
Jakarta -

Anak menangis tentu hal yang lumrah dalam kehidupan sehari-hari. Namun, sebagai orang tua kita juga harus jeli melihat apakah tangisan anak-anak menjadi sinyal kondisinya normal atau tidak.

Salah satunya seperti dialami pasangan suami istri asal Kepulauan Riau yang membagikan cerita anaknya. Melalui akun TikTok dengan nama anaknya Darenzo Valesco Tio, pasutri itu menceritakan bahwa anaknya memiliki kondisi tak biasa. Ia sering pingsan usai menangis, Bunda.

Diceritakan bahwa wajah Jojo, sapaan akrab anak itu, akan membiru ketika menangis. Setelahnya, ia tak sadarkan diri. Dalam beberapa video, kedua orang tuanya memperlihatkan kondisi Jojo yang menangis kemudian pingsan. Badan Jojo pun diusap serta ditepuk lembut agar berhenti menangis dan tidak pingsan.


Melihat video tersebut, netizen menduga Jojo memiliki masalah pada jantungnya. Mereka berkaca dari pengalaman keluarganya.

"Keponakan ku juga gitu, tahu-tahu sakitnya kelainan jantung, jadi dia enggak bisa nangis," tulis seorang netizen.

"Maaf bawa aja ke dokter bund kayaknya jantungnya bermasalah deh... soalnya adek saya juga dulu seperti itu," tambah yang lain.

Sementara yang lain menduga bahwa Jojo mengalami breath holding spell. Anak mereka mengalami kondisi yang sama dengan Jojo, menangis sampai pingsan.

"Breath holding spell, anak saya begitu, tapi kata dokternya: setelah umur 2 taun hilang dengan sendirinya. Kalau nangis sampe biru gak ada suara," tulis seorang Bunda.

Pendapat serupa juga ditulis seorang dokter anak di postingan Bunda Jojo yang lainnya. "Bawa ke dokter anak bum kayanya breath holding spell. Nangis terlalu kencang sampai menahan nafas jadi biru dan pingsan. Kayanya ya, bawa ke dokter!" tulis Lucky Yoga Satria N.

Dalam video lain, orang tuanya pun membawa Jojo ke dokter anak di daerahnya. Dokter pun memberikan penjelasan tentang apa yang dialami Jojo. Dalam video, sang ayah menjelaskan Jojo mengalami kondisi seperti itu ketika ia menangis karena marah. Sementara, jika menangis biasa, Jojo tidak pingsan.

Dokter pun menanyakan beberapa pertanyaan. Ia menanyakan apakah Jojo setiap menangis pingsan, lalu wajahnya membiru. Setelah sang bunda mengiyakan semua pertanyaan dokter, dokter pun menyarankan untuk memberikan Jojo napas buatan setiap kali dia menangis.

Menurut dokter karena kebiasaan Jojo nangis tidak bernapas, oksigen di kepala berkurang alhasil pingsan. Dari diagnosis dokter menyebutkan Jojo mengalami breath holding spell, untuk itu Jojo harus dibantu napas buatan saat menangis layaknya orang tenggelam.

Nah, mengenai breath holding spell, mengutip WebMD, Penyebabnya adalah menahan napas saat menangis sebagai reaksi terhadap rasa sakit, ketakutan, atau kemarahan. Kondisi terbagi dalam dua jenis. Cyanotic spells, wajah seorang anak menjadi biru dan Pallid spells, mereka menjadi pucat. Cyanotic spells inilah yang lebih umum. Apa bedanya? Baca kelanjutannya di halaman berikut ya, Bun.

Banner Buah yang Bagus untuk JaninBanner Buah yang Bagus untuk Janin/ Foto: HaiBunda/ Annisa Shofia

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Simak juga video tentang tanda anak siap toilet training:

[Gambas:Video Haibunda]



BREATH HOLDING SPELLS
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!