sign up SIGN UP search


parenting

15 Pendapat Pro dan Kontra Menitipkan Anak pada Nenek Kakek, Ini Pengaruhnya

Tim HaiBunda   |   Haibunda Rabu, 22 Jun 2022 09:10 WIB
ilustrasi kakek nenek dan cucu caption
Jakarta -

Bagi Bunda bekerja, ada banyak pertimbangan yang harus dipikirkan sebelum cuti melahirkan selesai. Pertimbangan tersebut tak lain adalah urusan merawat anak. Siapa yang nantinya mengurus anak saat bekerja?

Apakah dititipkan pada orang tua, pengasuh, atau bahkan tempat penitipan anak. Bunda yang bekerja pasti juga pernah memikirkan hal ini.

Bicara tentang menitipkan anak untuk diasuh, ternyata tak sedikit Bunda dan Ayah yang lebih memercayai orang tuanya ketimbang pengasuh. Akan tetapi, ada juga yang memilih untuk merawat sendiri atau pakai pengasuh daripada 'membebani' orang tua.


Bubun pun mengumpulkan pendapat dari para bunda beserta pengalaman mereka yang dihimpun dari akun Instagram @haibunda. Mengenai tentang menitipkan orang tua, ada yang pro, lalu ada juga yang kontra. Apa kata mereka?

Berikut pendapat mereka yang setuju bahwa tidak mengapa anak dititipkan oleh orang tuanya:

"Nah aku malah kebalik nih min :") aku jadi gak leluasa ngurus dan momong anak, jadinya memilih kerja ktimbang di rumah ribut gara-gara cucu" - Bunda @mncjly_.

"Kalau ibuku beda dia lebih milih momong cucunya dan aku diharuskan tetap bekerja. Walau ujung-ujungnya suka ngeluh capek. Tpi aku disuruh kerja demi bales budi mereka"- Bunda @golmegamegol.

"Tapi orang tua saya kalo cucunya gak ada yang ke rumah malah jadi gabut rumah berasa sepi" - Bunda @octanrf.

Sementara menurut Bunda @dyadyidyudyedyou, "Ga bisa disetarain dengan bilang "jangan nambah beban ortu". Gimana nasib anak-anak generasi sandwich yang pas-pasan, mereka mau aja megang anak sendri, tapi harus kerja karen biayain ortu+adek-adek. Tapi kalau pakai ART atau daycare, uangnya gak nutup."

Banner Lahirkan Bayi Down SyndromeFoto: HaiBunda/ Annisa Shofia

Ada juga nih seperti Bunda @kikiariesti yang mengungkap bahwa orang tuanya mau dititipkan karena sebagai ganti dahulu orang tuanya sibuk bekerja. Namun, pada akhirnya memutuskan resign karena sang ibunda masuk RS.

"Aku kerja kantoran & anakku ku titipin ke ibuku karena kemauan beliau sendiri, katanya sebagai ganti dulu pas aku kecil diasuh oleh nenekku & ibuku bekerja. Tapi semenjak ibuku masuk RS, aku memutuskan untk resign dan merawat anakku sendiri agar ibuku tidak sakit lagi."

Lalu, Bunda @dessyf29 yang pro soal ini bersyukur mendapat dukungan dari ibunda untuk bekerja dan justru senang bantu urus cucunya.

Sama halnya dengan Bunda @unuunurjanah, "Mertua saya sangat senang mengasuh cucunya apalagi kalau saya sampe gak ada seharian senangnya bukan main. Jika saya ada kerjaan yang mengharuskan menginap aja mereka dukung dengan senang hati."

Bagaimana dengan yang kontra? Apa pendapat mereka? Baca cerita pengalaman mereka di halaman berikut.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Simak juga video jurnal Bunda Zaskia Adya Mecca berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



PENDAPAT BUNDA SOAL MENITIPKAN ANAK KE ORTU
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!