sign up SIGN UP search


parenting

15 Pendapat Pro dan Kontra Menitipkan Anak pada Nenek Kakek, Ini Pengaruhnya

Tim HaiBunda   |   Haibunda Rabu, 22 Jun 2022 09:10 WIB
PENDAPAT BUNDA SOAL MENITIPKAN ANAK KE ORTU
ilustrasi kakek nenek dan cucu caption

Bunda @ariwidyaratni memilih banting setir berbisnis atau usaha apa aja di rumah dan resign demi bisa urus anak sendiri. Beberapa kali saja menitipkan ke ortu/mertua.

"Karena mereka juga berhak menikmati masa tua dg menjalani hobby/tetap produktif bekerja. Jadi ya anak memang tanggungjawabku dan suami sepenuhnya. Semoga org tua kita semua sehat selalu ya."

Bunda @vivian_agil pun memilih untuk resign dari kantornya. "Pertama gak mau ngerepotin orgtua, kedua aku gak mau kehilangan moment berharga setiap hari melihat perkembangan anak aku.""


Di sisi lain, seorang bunda @ligapuspitaa curhat bahwa dirinya terkadang emosinya terkuras ketika mengurus bayi. Tidak tepat rasanya menitipkan anak pada kakek neneknya yang jauh lebih berumur.

Lalu, Bunda @anastasianauli berpendapat lain. "Kalo disuruh pilih.. Mending resign dri kerjaan drpd hrus membebani orang tua dengan momong cucu karena tenaga mereka ga sekuat saat masih muda.. Jdai lebih baik ngeliat orang tua bahagia bermain dengan cucu."

Mengenai hal ini, Bunda faiznurwiratri bercerita bahwa definisi sukses menurut suaminya yaitu selama mereka enggak merepotkan orang tua. "Itu yang jadi pedoman kita berdua, biarlah kakek nenek menikmati masa tuanya, ketemu cucu sesekali aja. Jangan tiap hari ntar bosen. Lagian kalau keseringan ntar cucu jadi manja sama kakek neneknya...oo saya ga mau itu... Perkara pola asuh tetep orang tua yg harus handle. Maka dari itu saya memilih bekerja dari rumah."

Kemudian, menurut Bunda @rizkhaayu91, tak masalah jika orang tua mengurus anak-anaknya. Namun, yang ia sayangkan adalah para kakek nenek tak sekadar mengurus tapi mencuci baju cucu, memasak, memandikannya, hingga menidurkan.

"Beneran deh kita orang yg muda kadang capek banget. Apalagi kalau misal anak sakit. Bukan masalah orang tuapun bakal mau dititipin cucunya. Tapi tentang moral sama kesehatan mereka juga. Kecuali disediain art yg buat beberes semuanya," ungkapnya.

Bahkan dari seorang ibu rumah tangga juga memilih untuk tidak serta-merta anak dititipkan pada anaknya begitu saja. "Aku IRT dan punya usaha. Boro-boro suruh ngasuh, nitip aja sungkan dan takut ngerepoti." -Bunda achadinaxii.

Nah, bagaimana dengan pengalaman Bunda? Apakah ada yang sama dengan para bunda di atas? Berbicara soal grandparenting, ternyata memberi pengaruh pada anak, lho. Seberapa besar pengaruhnya?

Baca di halaman berikutnya ya, Bunda.

PENGARUH GRANDPARENTING PADA SI KECIL
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!