sign up SIGN UP search


parenting

15 Pendapat Pro dan Kontra Menitipkan Anak pada Nenek Kakek, Ini Pengaruhnya

Tim HaiBunda   |   Haibunda Rabu, 22 Jun 2022 09:10 WIB
PENGARUH GRANDPARENTING PADA SI KECIL
ilustrasi kakek nenek dan cucu caption

Kakek dan nenek adalah dua sosok penuh kasih sayang yang penting bagi tumbuh kembang anak. Tentunya, membuat hubungan kedekatan antara anak dan kakek serta neneknya bukan hal yang mudah. Terlebih, jika kakek dan nenek tinggal terlampau jauh.

Namun ternyata, ketika anak dekat dengan kakek neneknya, seperti yang dipaparkan dalam penelitian Child Development, akan membuat Si Kecil tidak menganggap orang yang lebih tua menyebalkan.

Tentunya, ini akan berdampak juga ke masa depan Ayah dan Bunda juga. Ada lima pengaruh pada anak ketika dekat dengan kakek neneknya yaitu anak akan miliki emosi yang stabil. Kok bisa?


Sebuah penelitian yang dilakukan University of Oxford, anak akan mampu menghadapi permasalahan emosional karena menghabiskan waktu bersama kakek dan neneknya. Selain itu, kedekatan yang dijalin juga akan menghilangkan trauma yang dimiliki Si Kecil, Bunda.

Lalu, Si Kecil juga akan punya sikap menghargai. Ketika hubungan emosional dan kedekatan sudah terjalin, Si Kecil akan terbiasa menghargai dan menghormati orang-orang tua lainnya.

Kemudian, Si Kecil akan mendapat banyak pelajaran moral. Mungkin, anak sudah mendapatkan pelajaran ini dari Ayah dan Bunda. Namun, dengan segudang pengalaman kakek dan nenek, Si Kecil juga akan mendapat contoh yang baik untuk bisa dicontoh di kehidupan sehari-hari.

(aci/fir)
HALAMAN :
ARTIKEL SELANJUTNYA
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!