sign up SIGN UP search


parenting

Perlukah Anak Minum Susu dan Suplemen Agar Bertambah Tinggi? Ini Kata Dokter

Mutiara Putri   |   Haibunda Kamis, 15 Sep 2022 21:27 WIB
Portrait of Asian little kid holding a cup of milk in kitchen at home. Young preschool cute child girl or daughter stay home with smiling face, feel happy enjoy drinking milk and then look at camera. Ilustrasi Susu dan Suplemen untuk Tambah Tinggi Anak/Foto: Getty Images/iStockphoto/Kiwis
Jakarta -

Tinggi badan yang sesuai dengan usia anak merupakan salah satu tanda anak tumbuh dan berkembang, Bunda. Namun, ternyata tinggi badan anak lebih banyak dipengaruhi oleh gen Bunda dan ayah, lho.

Hal ini diungkapkan oleh Spesialis Kedokteran Olahraga KONI DKI Jaya, dr. Andhika Raspati, Sp.KO. Ia mengatakan tinggi tubuh anak ditentukan paling banyak melalui genetik kedua orang tuanya.

"Yang banyak menentukan apakah anak ini akan menjadi tinggi apa enggak, itu sebenarnya adalah genetik orang tuanya. Makanya kalau misalnya orang tuanya enggak tinggi-tinggi amat berharap punya anak yang menjulang bak mercusuar, itu agak susah," kata dr Andhika dalam Instagram Live HaiBunda, baru-baru ini.


Nah, kebanyakan orang tua percaya bahwa susu akan membantu anak tinggi lebih cepat. Padahal, susu hanyalah pelengkap jika gizi anak tidak terlengkapi oleh makro nutrisinya.

"Dulu kita tahu ada ungkapan empat sehat lima sempurna, ya. Jadi katanya kita akan sehat jika makan empat komponen makanan, ditambah susu jadi sempurna. Sekarang sudah diganti, sudah direvisi. Sekarang kita pakainya gizi seimbang," tutur dr. Dhika.

"Karena susu itu kita enggak mau dibuat seolah menjadi harus, gitu, untuk menyempurnakan," sambungnya kemudian.

Lebih lanjut, dr. Dhika mengungkapkan seluruh kandungan susu bisa didapatkan dari makanan lainnya, Bunda. Susu sendiri memiliki kandungan kalsium, protein, lemak, karbohidrat, vitamin, dan mineral.

"Kita mau ambil protein, makan telur juga ada proteinnya. Makan daging juga ada proteinnya. Vitamin mineral? Makan buah juga ada vitamin mineralnya. Kalsium? Sayur dan buah juga ada kalsiumnya," imbuhnya.

Nutrisi anak perlu dipenuhi sesuai kebutuhan. Dengan begitu, masa pertumbuhannya bisa optimal termasuk bisa menunjang tinggi tubuh.

"Anak itu berada di masa pertumbuhan yang perlu memenuhi banyak nutrisi, tapi enggak asal makan. Tidak hanya memperhatikan kalori tapi juga proteinnya seperti apa," ungkap dr Dhika.

Lantas bagaimana dengan suplemen ya, Bunda? Apakah suplemen bisa membantu menambah tinggi Si Kecil?

Simak jawaban lengkapnya di laman berikutnya, yuk.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Jangan lupa simak lagi video olahraga yang bisa tambah tinggi badan anak berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



SUPLEMEN BISA BANTU ANAK LEBIH TINGGI?
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!