sign up SIGN UP search


parenting

5 Jenis Sayur untuk Bahan MPASI Si Kecil, Harganya Bersahabat Bun

Nanie Wardhani   |   Haibunda Senin, 19 Sep 2022 22:40 WIB
Ilustrasi manfaat makanan organik untuk MPASI anak Ilustrasi MPASI/ Foto: Getty Images/iStockphoto/nitrub

Tak terasa Si Kecil bertambah besar. Kini setelah mencapai usia 6 bulan, ia sudah bisa mengonsumsi makanan padat atau Makanan Pendamping ASI (MPASI).

Dalam prosesnya, menyediakan menu MPASI untuk Si Kecil terkadang menjadi hal yang membuat Bunda pusing, karena menyediakan makanan untuk bayi tentu tidak bisa sama seperti untuk anak-anak atau orang dewasa.

Tapi tenang saja Bunda, sebenarnya ada berbagai rekomendasi menu sayur yang bisa Bunda olah sebagai MPASI.


Ada banyak manfaat dari sayur yang bisa membantu Si Kecil dalam masa pertumbuhannya. Seperti menambah gizi, memperbaiki dan menjaga pencernaan agar selalu sehat, sampai menjaga imunnya agar terhindar dari berbagai penyakit.

Menurut Badan Kesehatan Dunia, atau WHO, ada berbagai sayur yang dapat Bunda gunakan sebagai bahan MPASI. Apa saja? Berikut sayur yang bisa digunakan sebagai bahan MPASI dan bisa dibeli dengan harga bersahabat:

1. Bayam

Selain mudah dan harganya yang relatif murah, bayam memiliki serat yang sangat bermanfaat mencegah sembelit. Selain serat, bayam juga mengandung berbagai nutrisi dan vitamin lainnya.

Seperti vitamin A, vitamin C, zat besi, hingga asam folat dan kalsium, yang berperan besar dalam setiap langkah tumbuh kembang Si Kecil.

2. Ubi

Ubi banyak dipilih sebagai menu MPASI karena rasanya yang enak dan mudah diolah. Kandungan karbohidrat, berbagai vitamin, dan kalium akan sangat bermanfaat untuk Si Kecil. Ubi juga bisa membuat menu MPASI lebih variatif.

3. Brokoli

Selain pilihan di atas, Bunda bisa memilih brokoli sebagai bahan MPASI. Brokoli kaya akan nutrisi, magnesium, sederet vitamin, kalium, serat, dan zinc. Brokoli bisa Bunda campur dengan makanan utama atau menyajikannya secara utuh sebagai snack di sela jam makan.

4. Buncis

Selain brokoli, menu sayur untuk MPASI lain yang sering dipilih adalah buncis. Sayuran ini menjadi alternatif karena memiliki manfaat untuk memperkuat tulang, melancarkan pencernaan, hingga membantu Si Kecil mengembangkan kognitifnya.

5. Wortel

Nah, wortel bisa Bunda pilih jika ingin menambah variatif warna di dalam menu MPASI. Tapi, tidak sekedar memberi warna, wortel juga memiliki sederet manfaat untuk Si Kecil.

Seperti menyehatkan matanya, berperan sebagai antioksidan, hingga membuat gigi dan gusinya tumbuh dengan sehat.

Lalu apa saja tips memberikan MPASI untuk Si Kecil? Yuk lanjut simak di halaman selanjutnya ya Bunda.

Yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

[Gambas:Video Haibunda]



fase-anak
Anak Usia 7-12 Bulan Ketahui lebih jauh perkembangan anak 7-12 bulan. Cek Yuk arrow-right
TIPS MEMBERIKAN MPASI UNTUK SI KECIL
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!