sign up SIGN UP search


parenting

Bayi Baru Lahir di Filipina Jadi Manusia ke-8 Miliar di Planet Bumi

ANNISAAFANI   |   Haibunda Jumat, 18 Nov 2022 09:30 WIB
Ilustrasi Kaki Bayi Baru Lahir Terlihat Bengkok, Ini Alasannya Bun Ilustrasi Bayi Baru Lahir di Filipina Jadi Manusia ke-8 Miliar di Planet Bumi/Foto: Getty Images/iStockphoto/monkeybusinessimages
Jakarta -

Populasi manusia di dunia terus bertambah, Bunda. Baru-baru ini, seorang bayi perempuan di Filipina ditetapkan sebagai simbol dari delapan miliar orang yang lahir.

Ya, terhitung populasi manusia yang terus berkembang telah mencapai angka 8 miliar. Bayi kedelapan miliar ini lahir di Dr. Jose Fabella Memorial Hospital pada 15 November, pukul 1.29 dini hari.

Bayi yang dilahirkan oleh Maria Margarette Villorente tersebut diberi nama Vinice Mabansag. Mengutip dari Phil Star, perwakilan dari Komisi Kependudukan dan Pembangunan (POPCOM) turut hadir pada kelahirannya, lho.


"Dunia menyambut Vinice Mabansag sebagai bayi simbolis ke-8 miliar dari Filipina," kata salah satu devisi POPCOM dalam postingan Facebook beberapa jam setelah Vinice lahir.

Sebelum kelahiran Vinice, Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) telah memproyeksikan kelahiran delapan miliar orang di dunia. Menurut informasi, ini sebagai tonggak sejarah untuk merayakan keragaman dan kemajuan sambil mempertimbangkan tanggung jawab bersama umat manusia atas bumi.

Badan tersebut mengaitkan pertumbuhan tersebut dengan peningkatan kesehatan masyarakat, nutrisi, kebersihan pribadi dan obat-obatan. Tak lupa, ini juga berkaitan dengan tingkat kesuburan yang lebih tinggi.

Terlepas dari kekhawatiran bahwa pertumbuhan populasi dapat memengaruhi pembangunan ekonomi, jika bukan konsumsi sumber daya yang berlebihan, Rachel Snow dari UN Population Fund (UNFPA) mengatakan tingkat pertumbuhan populasi dunia telah melambat secara dramatis.

PBB kemudian mengatakan bahwa pertumbuhan tahunan telah turun dari 2,1 persen antara tahun 1962 dan 1965, menjadi di bawah 1 persen pada tahun 2020. Bahkan, dapat turun menjadi sekitar 0,5 pesen pada tahun 2050.

Ini juga memproyeksikan populasi akan terus tumbuh menjadi sekitar 8,5 miliar pada tahun 2030, 9,7 miliar pada tahun 2050, dan mencapai puncaknya sekitar 10,4 miliar pada tahun 2080-an.

Baca kelanjutannya di halaman berikut ya, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen. 

Simak juga 3 langkah awal penting bagi Bunda yang pertama kali menyusui dalam video berikut: 

[Gambas:Video Haibunda]



fase-anak
Anak Usia 0-6 Bulan Ketahui lebih jauh perkembangan anak 0-6 bulan. Cek Yuk arrow-right
POPULASI MANUSIA SAAT INI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!