sign up SIGN UP search

parenting

4 Strata Posyandu untuk Pantau Tumbuh Kembang Anak, Bunda Perlu Tahu

Kinan   |   Haibunda Minggu, 15 Jan 2023 10:15 WIB
4 Strata Posyandu untuk Pantau Tumbuh Kembang Anak, Bunda Perlu Tahu Ilustrasi 4 Strata Posyandu untuk Pantau Tumbuh Kembang Anak, Bunda Perlu Tahu. Foto: Getty Images/iStockphoto/itakayuki
Jakarta -

Posyandu merupakan wadah penting terutama berkaitan dengan kesehatan ibu dan anak, yang berbasis kehidupan masyarakat. Tahukah Bunda bahwa ada empat strata posyandu?

Dikutip dari Pedoman Umum Pengelolaan Posyandu dari Kemenkes RI, posyandu merupakan salah satu bentuk Upaya Kesehatan Bersumber Daya Masyarakat (UKBM) yang dikelola dan diselenggarakan dari, oleh, untuk, dan bersama masyarakat.

Salah satu tujuannya agar masyarakat dapat memperoleh pelayanan kesehatan dasar untuk mempercepat penurunan angka kematian ibu dan bayi.


Pelayanan kesehatan dasar di Posyandu adalah pelayanan kesehatan yang mencakup sekurang-kurangnya lima kegiatan, yakni Kesehatan lbu dan Anak (KIA), Keluarga Berencana (KB), imunisasi, gizi, dan penanggulangan diare. 

Sementara itu, sasaran posyandu adalah seluruh masyarakat, terutama bayi, anak balita, ibu hamil, ibu nifas, serta ibu menyusui.

Pembagian strata posyandu

Seringkali penyelenggaraan dan fasilitas tiap-tiap posyandu di suatu wilayah berbeda. Untuk dapat menilai apakah posyandu yang ada memadai atau tidak, ditentukan dari stratanya.

Strata posyandu bergantung pada cakupan kegiatan, fasilitas, jumlah kader dan anggota, dan lain-lain.

Ada empat strata posyandu yang perlu Bunda ketahui, berikut ulasannya:

1. Posyandu pratama

Posyandu pratama merupakan tingkatan paling dasar dalam strata posyandu. Posyandu tingkat ini biasanya sudah memiliki program kerja, tapi belum dapat melaksanakan kegiatannya secara rutin.

Sebagai contoh, posyandu hanya melakukan kegiatan seperti menimbang berat badan bayi, pemeriksaan ibu hamil, dan lain-lain di waktu tertentu saja atau bahkan tidak terencana.

Strata posyandu pratama kegiatan bulanannya belum terlaksana secara rutin dan jumlah kadernya masih sangat terbatas, yakni kurang dari lima orang.

Seperti diketahui bahwa untuk dapat dikatakan memadai, posyandu setidaknya harus memiliki minimal lima orang kader dalam kepengurusan. Kader inilah yang akan melaksanakan kegiatan posyandu.

Apalagi pembagian tingkatan strata posyandu? Simak di halaman selanjutnya yuk, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Simak juga video rekomendasi tempat main anak di Jakarta Selatan berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



fase-anak
Anak Usia 0-6 Bulan Ketahui lebih jauh perkembangan anak 0-6 bulan. Cek Yuk arrow-right
Strata Posyandu Selanjutnya: Posyandu Madya, Purnama dan Mandiri
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!