sign up SIGN UP search

parenting

3 Penyebab Bayi Tersenyum Saat Tidur, Ternyata Bisa karena Kelebihan Gas

Meita Fajriana   |   Haibunda Minggu, 22 Jan 2023 19:45 WIB
Bayi Baru Lahir Alasan bayi tersenyum saat tidur/ Foto: iStockphoto

Pernahkah Bunda memperhatikan bayi mungil Bunda tersenyum saat ia tidur? Hal ini tanpa sadar membuat Bunda ikut sumringah dan bersemangat melihat betapa menggemaskannya bayi tersenyum saat tidur.

Kira-kira apa ya yang membuat Si Kecil tersenyum saat sedang tidur dan apa artinya? Melihat bayi tersenyum saat tidur membuat tingkat kegemasan dan kelucuan bayi yang sangat tinggi.

Orang tua bahkan bertepuk tangan dan menantikan momen ini. Tidak sedikit Bunda atau Ayah bahkan mengabadikannya lewat ponsel pintarnya. Namun, meskipun senyuman yang diabadikan saat tidur menambah kenang-kenangan tentang Si Kecil, Bunda juga dapat menyaksikan tanda-tanda pertumbuhan dan perkembangan anak lho ketika mereka tersenyum saat tidur. 


"Bayi tersenyum karena berbagai alasan, di antaranya sebagai bagian dari refleks yang tidak disengaja, karena gas, dan sebagai respons terhadap rangsangan sosial," kata Timothy J. Legg psikolog anak yang berbasis di Amerika Serikat dikutip dari laman Healthline beberapa waktu lalu. 

Tertawa saat tidur yang juga disebut hypnogely adalah kejadian yang relatif umum. Ini sering terlihat pada bayi, dan membuat orang tua bersemangat untuk menyaksikannya. Secara umum, tertawa saat tidur tidak berbahaya, Bunda. Namun, dalam kasus yang jarang terjadi, itu bisa menjadi tanda masalah neurologis.

Yuk pelajari lebih lanjut mengapa bayi tersenyum saat tidur Bunda. 

Penyebab Bayi Tersenyum saat tidur

Tersenyum dapat menjadi salah satu tonggak pertumbuhan dan perkembangan Si Kecil sama seperti merangkak dan lainnya. Bunda dapat memberikan perhatian khusus ketika bayi tersenyum saat tidur untuk melihat sejauh mana Si Kecil membuat kemajuan. Nah, berikut ini alasan bayi tersenyum saat tidur yang dilansir dari laman Verywell Family

1. Refleks senyum

Jenis senyuman ini biasanya pendek dan dapat terjadi tanpa alasan yang jelas. Bunda mungkin memperhatikan bahwa bayi akan mulai benar-benar tersenyum sekitar usia 3 bulan. Namun pada kenyataannya, mereka sudah bisa meluluhkan hati Bunda dengan senyuman mereka saat berada dalam perut.

Penelitian telah menunjukkan bahwa janin mampu tersenyum pada usia kehamilan sekitar 33 minggu. Jenis senyuman ini sering digambarkan sebagai tindakan refleks yang mirip seperti menendang atau mengisap ibu jari di dalam rahim. Mereka dapat terjadi tanpa reaksi dan biasanya tidak memerlukan rangsangan visual untuk terjadi.

2. Adanya gas

Alasan potensial lain untuk tersenyum bisa jadi karena bayi kembung. Bayi terlihat seperti tersenyum saat buang angin atau buang air besar.

3. Senyum sosial

Sekitar usia tiga bulan, Bunda akan melihat perubahan dalam cara bayi memilih saat-saat untuk tersenyum. Pada saat ini, mereka telah dapat berinteraksi dengan lingkungannya. Bayi bahkan telah mempelajari beberapa isyarat sosial. Senyum sosial muncul sebagai tanda keterlibatan yang penuh perhatian dan interaktif dari orang tuanya. 

Terlepas dari apakah itu refleks, sosial, atau sebagai reaksi terhadap buang angin atau tidak, Bunda dapat memilih untuk menafsirkan senyum bayi dengan cara terbaik yang Bunda inginkan, selama bayi sehat dan berinteraksi baik dengan lingkungannya.

Simak penjelasan lain di halaman berikutnya ya Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Simak fakta tentang tidur bayi baru lahir lainnya dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



fase-anak
Anak Usia 0-6 Bulan Ketahui lebih jauh perkembangan anak 0-6 bulan. Cek Yuk arrow-right
TAHAPAN TIDUR BAYI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!