sign up SIGN UP search

parenting

5 Mitos Seputar Mata Bayi Belekan di Indonesia, Hati-hati Bunda Tertipu

Kinan   |   Haibunda Jumat, 20 Jan 2023 15:55 WIB
5 Mitos Seputar Mata Bayi Belekan di Indonesia, Hati-hati Bunda Tertipu Ilustrasi 5 Mitos Seputar Mata Bayi Belekan di Indonesia, Hati-hati Bunda Tertipu. Foto: Getty Images/FatCamera
Jakarta -

Sampai saat ini, masih cukup banyak mitos-mitos yang beredar seputar kesehatan mata bayi di Indonesia. Padahal semuanya belum terbukti secara ilmiah dan justru berisiko bagi kesehatan mata Si Kecil.

Menurut American Academy of Ophthalmology, hampir 20 persen bayi baru lahir memiliki saluran air mata yang tersumbat. Kondisi ini bisa terjadi karena ujung saluran air mata tidak terbuka dengan baik saat bayi lahir.

Kondisi sumbatan pada saluran air mata ini disebut dapat memengaruhi salah satu atau kedua mata bayi, salah satunya jadi mudah belekan.


Biasanya seiring bertambah usia, belekan pada mata bayi bisa hilang dengan sendirinya. Tapi jika tak kunjung sembuh atau justru semakin buruk, sebaiknya segera periksakan ke dokter.

Mitos seputar mata bayi belekan

Lantas apa saja mitos seputar mata bayi belekan yang masih beredar di Indonesia dan masih banyak dipercaya? Yuk simak ulasannya berikut ini, Bunda:

1. Dapat disembuhkan dengan ASI

Sebuah studi dalam British Journal of Ophthalmology melakukan observasi terhadap 23 bunda yang baru melahirkan di San Francisco. 

Tim peneliti mencari tahu apakah ada efek tetesan ASI terhadap mata belekan pada bayi. Hasilnya, ditemukan bahwa praktik ini justru berisiko memicu infeksi mata serius pada bayi.

Konselor laktasi, dr Ameetha Drupadi, CIMI, menjelaskan bahwa informasi tentang ASI dapat mengobati mata belekan pada bayi hanya mitos belaka.

Menurutnya, tidak dibenarkan untuk mengobati mata bayi belekan dengan menetesi ASI karena tidak higienis.

"Sebenarnya ASI itu kan nutrisi, kalau kita kasih ke mata malah kotor kan. Sebaiknya kalau anak belekan dibersihkan saja. Kalau bayi baru lahir belekan terus itu karena saluran air matanya masih tersumbat, bukan sakit," ungkap dr Ameetha kepada HaiBunda, beberapa waktu lalu. 

2. Bunga telang untuk mata bayi belekan

Selain ASI, mitos seputar mata bayi belekan lainnya yakni dapat disembuhkan dengan bunga telang.

Dalam penelitian yang diterbitkan jurnal EduMatSains, bunga telang memang memiliki potensi sebagai bahan obat. Salah satunya dipercaya bisa mengobati mata merah dan membuat mata lebih bersih.

Kendati demikian, bunga telang juga belum teruji secara klinis bisa menjadi obat untuk mata, terutama pada bayi baru lahir. Dikhawatirkan praktik ini justru memicu risiko infeksi dan mengganggu kesehatan mata bayi.

Ketahui mitos seputar mata bayi belekan lainnya di halaman berikut ini yuk, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Simak juga video tips tummy time bayi 1 bulan berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



fase-anak
Anak Usia 0-6 Bulan Ketahui lebih jauh perkembangan anak 0-6 bulan. Cek Yuk arrow-right
MITOS LAINNYA YANG SEBAIKNYA JANGAN DILAKUKAN LAGI YA, BUN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!