sign up SIGN UP search

parenting

Kasusnya Melonjak Lebih dari 32 Kali Lipat, Indonesia Disebut Darurat Campak

Tim Haibunda   |   Haibunda Sabtu, 21 Jan 2023 12:50 WIB
Enterovirus Legs hands mouth Rash on the body of a child Cocksackie virus Kasusnya Melonjak Lebih dari 32 Kali Lipat, Indonesia Disebut Darurat Campak/Foto: Getty Images/iStockphoto/kipgodi
Jakarta -

Bunda, selama ini campak dikenal sebagai penyakit yang disebabkan infeksi virus dan menyebabkan ruam kemerahan di seluruh tubuh.

Namun kini Kementerian Kesehatan RI melaporkan lonjakan kasus penularan campak yang terjadi pada anak di Indonesia dan cukup mengkhawatirkan. Tak pelak, Indonesia pun disebut darurat campak.

Direktur Pengelolaan Imunisasi Kemenkes dr Prima Yosephine, MKM, menjelaskan kasus campak di Indonesia meningkat pesat sepanjang 2022. Sejauh ini kasus campak sudah menyebar di 223 kabupaten/kota di 31 provinsi.


"Selama tahun 2022 yang lalu jumlah kasus campak yang ada di negara kita memang cukup banyak lebih dari 3.341 laporan kasus," kata dr Prima dalam konferensi pers, Jumat (20/1/2023).

Jumlah kasus ini didapat selama kurun waktu 1 tahun dari Januari sampai Desember 2022. Jika dibandingkan dengan 2021, ada peningkatan yang cukup signifikan kurang lebih 32 kali lipat.

dr Prima mengatakan penyebab kenaikan kasus campak yang cukup signifikan karena sudah 2 tahun berturut-turut Indonesia tidak bisa mencapai target untuk pelayanan imunisasi rutin akibat COVID-19.

Padahal pencegahan campak hanya bisa diperoleh dari imunisasi. Hanya saja di Indonesia dalam 2 tahun terakhir cakupan imunisasi anak turun membuat anak rentan terkena infeksi, termasuk campak.

"Kasus ini, di 2022, memang sebagian besar tidak pernah diimunisasi dan beberapa ada yang sudah diimunisasi tapi tidak lengkap," papar dr Prima.

Sebanyak 58 persen kasus campak yang terkonfirmasi di 2022 dialami oleh anak yang tidak mendapatkan imunisasi. Terdapat 5 persen kasus dengan status satu kali dosis imunisasi campak-rubela dan 30 persen kasus tidak diketahui status imunisasinya.

TERUSKAN MEMBACA KLIK DI SINI.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang daftar imunisasi gratis dari pemerintah untuk bayi 0-6 bulan: 

[Gambas:Video Haibunda]



(pri/pri)
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!