sign up SIGN UP search


trending

Waspada! WHO Ungkap Uang Bisa Jadi Perantara Penyebaran Virus Corona

Kinan Kamis, 19 Mar 2020 16:52 WIB
Jika harus pakai uang biasa, Bunda jangan lupa segera cuci tangan untuk menghindari penyebaran virus corona ya. Uang ternyata bisa jadi perantara virus. caption
Jakarta - Penyebaran virus corona atau Covid-19 kini semakin meluas di beberapa negara dunia, tak terkecuali Indonesia, Bun. Update terakhir, Kamis (19/3/2020), menyebutkan angka positif pasien virus corona kini mencapai 309 orang.

Baru-baru ini, Badan Kesehatan Dunia (WHO) menyebutkan perkembangan terbaru tentang penyebaran virus corona. Dikutip dari Daily Mail, dikatakan bahwa virus ini mampu bertahan hidup di uang (kertas atau logam) selama hitungan hari.


"Uang sering berpindah tangan dan dapat menjadi tempat tinggal bagi berbagai jenis bakteri dan virus, termasuk virus corona. Kami akan menyarankan orang-orang untuk mencuci tangan setelah memegang uang kertas dan menghindari menyentuh wajah," imbuh salah satu juru bicara WHO.


Bila memungkinkan, WHO juga menyarankan masyarakat untuk lebih memaksimalkan penggunaan metode pembayaran tanpa kontak, alias elektronik atau cashless, Bun.

Sebelumnya, Tiongkok sudah melakukan upaya mencegah penyebaran virus corona melalui uang kertas. Dilansir CNBC, bank-bank di Tiongkok telah diperintahkan untuk melakukan proses disinfektan pada uang. Dalam konferensi persnya, pemerintah Tiongkok menyatakan bank hanya akan diizinkan untuk melepaskan uang yang telah disterilkan.

Ilustrasi transaksi uangIlustrasi transaksi uang/ Foto: Ari Saputra

Bank-bank di seluruh Tiongkok pun menarik uang kertas yang berpotensi terinfeksi dari peredaran dan mendisinfeksi dengan menggunakan sinar ultraviolet atau teknik panas. Uang yang didekontaminasi kemudian akan disimpan selama 7-14 hari sebelum dapat dikembalikan ke pasaran.

Muhammad Munir, seorang ahli virus Lancaster University di Inggris, mengatakan bahwa upaya mendekontaminasi uang kertas harus tetap dibarengi dengan menjaga kebersihan tangan.


"Tetap, menjaga kebersihan tangan adalah cara terbaik untuk mengurangi risiko penularan virus. Rajinlah mencuci tangan atau menggunakan sanitizer berbasis alkohol. Virus corona dapat menyebar melalui permukaan yang terkontaminasi seperti gagang pintu dan juga uang," pesan Munir.

Jadi, Bun, jangan lupa tetap berhati-hati saat harus menyentuh uang kertas atau logam, ya. Sesudahnya, hindari menyentuh wajah dan sebisa mungkin segera cuci tangan.

Bunda, simak juga cara tepat mengatasi anak demam, di video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(Kinan/rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi