sign up SIGN UP search


trending

Bunda Punya Gejala Mirip COVID-19? Segera Periksakan Diri ke Fasilitas Kesehatan

Annisa Karnesyia Selasa, 13 Oct 2020 20:02 WIB
Healthcare worker at home visit. Female doctor is checking temperature to senior woman. Bunda Punya Gejala Mirip COVID-19? Segera Periksakan Diri ke Fasilitas Kesehatan/ Foto: iStock
Jakarta -

Melakukan pemeriksaan tes COVID-19 adalah salah satu langkah mencegah penularan virus Corona. Bila Bunda mengalami gejala COVID-19, sebaiknya segera periksakan diri ke fasilitas kesehatan, ya.

Direktur Pelayanan Kesehatan Rujukan Kementerian Kesehatan, dr. Rita Rogayah, Sp.P (K), M.A.R.S., mengatakan bahwa masyarakat harus segera memeriksakan diri ke rumah sakit atau fasilitas kesehatan seperti puskesmas, jika mengalami gejala Corona. Hal ini dilakukan untuk memastikan kondisi kesehatan tubuh.

Nah, di rumah sakit atau puskesmas, Bunda nantinya akan menjalani rapid test jika gejala cenderung mengarah ke COVID-19. Rita mengingatkan agar masyarakat dengan gejala ini tidak keluar rumah dulu sebelum hasil tes keluar.


"Selama hasilnya belum keluar masyarakat menjalankan isolasi mandiri di rumah agar tidak menularkan ke orang lain," kata Rita, dilansir laman covid19.go.id.

Setelah hasil tes keluar, petugas dari puskesmas setempat akan mengambil tindakan. Jika seseorang terkonfirmasi positif, dia akan dijemput. Kasus positif ini juga akan dilaporkan ke Dinas Provinsi setempat.

Nah, selama Bunda mengisolasi diri di rumah dan sebelum hasil keluar, jangan lupa tetap terapkan protokol kesehatan ya. Lakukan 3M, yaitu memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, serta menjaga jarak dan menghindar dari kerumunan.

Bicara soal kasus COVID-19 di Indonesia, hari ini Selasa (13/10/2020), terjadi peningkatan kasus sembuh. Ada penambahan 4.777 orang sembuh, sehingga total menjadi 263.296 orang.

Angka kesembuhan ini lebih tinggi dibandingkan kasus positif yang ditemukan. Kasus positif terkonfirmasi ada 3.906, dengan total kumulatif sebanyak 340.622 orang.

Sementara, pasien meninggal dunia ada 92 orang. Total yang meninggal hingga hari ini menjadi 12.027 orang. Data ini diperoleh dari 34 provinsi dan 500 kabupaten atau kota di Indonesia.

Nah, Bunda perlu tetap terapkan 3M untuk cegah penularan ke diri sendiri dan orang sekitar, ya. Jangan lupa, selalu #ingatpesanbunda #ingatpesanibu, untuk #pakaimasker, #jagajarak, dan #cucitanganpakaisabun.

Simak juga cara tepat cegah Corona dengan jaga jarak di tempat umum, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(ank/kuy)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi