sign up SIGN UP search


trending

5 Kisah Unik Program Bayi Tabung, Embrio Tertukar hingga Kembar 8

Annisa Afani Jumat, 11 Dec 2020 10:21 WIB
5 Kisah Unik Program Bayi Tabung, Embrio Tertukar hingga Kembar 8
The baby was excited and delighted in the pink cloth. caption

5. Bayi tabung pertama

Louise Brown mencatat sejarah di dunia medis sebagai orang pertama yang lahir melalui program bayi tabung. Kelahiran wanita asal Inggris pada tahun 1978 lalu ini pun membuat dunia gempar.

Program bayi tabung kala itu dianggap sebagai program yang revolusioner. Bahkan kelahirannya diulas oleh banyak media di seluruh dunia.

"Bayi tabung bersejarah Inggris, 2,5 kg Louise Brown, membuat seluruh dunia menjadi gempar," tulis sebuah cerita fitur di majalah People edisi 14 Agustus 1978.

Meski berhasil, namun orang tuanya sempat dikritik lantaran proses persalinannya direkam oleh dokter. Padahal itu dilakukan untuk membuktikan bahwa pelopor program bayi tabung, yakni ilmuwan Inggris Robert Edwards dan dokter ahli kandungan Patric Steptoe sukses menemukan cara untuk memahami kehidupan di luar tubuh manusia.


Brown yang kini berusia lebih dari empat dekade itu mengaku ada seorang wanita dengan dua putra, yang mendatanginya ketika berada di supermarket. Wanita itu berterima kasih kepadanya karena berkat Brown, dia bisa memiliki anak.



(AFN/jue)
ARTIKEL SELANJUTNYA
Share yuk, Bun!

Rekomendasi