sign up SIGN UP search


trending

Syekh Ali Jaber Ternyata Keturunan Pahlawan, Sang Leluhur Ikut Lawan Belanda

Asri Ediyati Rabu, 06 Jan 2021 14:57 WIB
Ali Saleh Mohammed Ali Jaber caption
Jakarta -

Syekh Ali Jaber kini sedang menjalani perawatan intensif di rumah sakit akibat COVID-19. Tentu, banyak yang memohon, berdoa agar ia kembali sehat dan pulih. Di tengah pemberitaannya karena COVID-19, belum lama ini muncul kembali video Syekh Ali Jaber bahwa ia memiliki leluhur di Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Dalam video yang berdurasi kurang lebih lima menit itu, Syekh Ali Jaber tengah berbicara tentang leluhurnya yang ternyata besar dan pernah tinggal di Indonesia, khususnya di Lombok, Bunda.

"Saya juga dari Mataram. Banyak orang yang tidak percaya saya berasal-usul dari Indonesia. Ada ceritanya asal-usul dari Lombok. Kakek saya dan ayah kakek ibu saya, dua-duanya kelahiran Lombok," ujarnya dalam video yang dibagikan akun YouTube Sasak Update TV.


Kendati demikian, Syekh Ali Jaber mengaku bahwa ibunya tidak pernah cerita tentang hal tersebut. Barulah ketika ia di Indonesia, ia baru tahu ada keluarga di sana.

"Kakek ibu saya, istri pertama dari Bumiayu. Istri kedua dari Madura, istri ketiga dari Lombok. Belum yang keempat sudah wafat. Dan beliau termasuk yang mampu menyatukan masyarakat Sasak di Lombok untuk melawan penjajah Belanda. Makanya dibunuh sama penjajah Belanda," kata Syekh Ali Jaber.

"Dan beliau punya makam besar di Ampenan. Makanya begitu saya bertemu Presiden Jokowi, saya sampaikan saya sebenarnya cucu pahlawan tapi belum terdaftar," ucapnya.

Dalam kesempatan yang berbeda, Syekh Ali Jaber juga mengenalkan anaknya, Hasan yang ternyata merupakan kelahiran Lombok. Ia juga mengatakan bahwa ketika Lombok, ia jauh merasa lebih nyaman.

Baca kelanjutannya di halaman berikut ya, Bunda.

Simak juga video tentang alasan kasus COVID-19 bertambah:

[Gambas:Video Haibunda]



(aci/som)
Syekh Ali Jaber ingin dimakamkan di Lombok
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi