sign up SIGN UP search


trending

dr Tirta Klarifikasi Beragam Informasi Hoax COVID-19, Vitamin C hingga Air Kelapa

Annisa Afani Sabtu, 10 Jul 2021 17:43 WIB
Dr Tirta caption
Jakarta -

Sejak awal pandemi COVID-19 hingga hari ini, berita hoax atau hoaks yang disebarkan terus bermunculan dan beragam. Padahal berita-berita yang tersebar melalui pesan berantai serta postingan di media sosial tersebut tak memiliki bukti ilmiah, lho.

Menanggapi fenomena tersebut, dr. Tirta, yang juga dikenal sebagai influencer sekaligus relawan penanggulangan COVID-19 di Tanah Air ini angkat suara. Melalui konten YouTubenya, pria berkacamata tersebut menjelaskan beberapa hoaks yang selama ini dipercaya oleh masyarakat.

Dari awal video dimulai, dr. Tirta tak mengulur-ulur waktu untuk membahas hal lain. Ia to the point pada beragam kabar hoaks atau hoax yang dianggap menyesatkan.


"Informasi yang pertama mengabarkan bahwa mengonsumsi vitamin C satu gram tiap tiga jam dapat mencegah COVID. Matamu!" tuturnya, dikutip dari channel YouTube Tirta PengPengPeng pada Sabtu (10/7/2021).

"COVID-nya sembuh, ya memang, ya iya. Sisanya ginjalmu hancur, bukan sembuh."

"Kamu memperlancar jalur ke akhirat, jalur shortcut. Info vitamin C 1 gram tiap 3 jam itu dari mana?" sambungnya geram.

Lebih lanjut, dr Tirta pun menjelaskan soal dosis vitamin C yang tepat, Bunda. Katanya, dosis yang dibutuhkan oleh orang dewasa setiap harinya itu hanya 200-500 miligram saja.

"Batas dosis harian vitamin C orang dewasa, itu 200 sampai 500 miligram, ya. Untuk orang dewasa."

"Dan, dosis maksimal yang bisa ditolerir, maksimal banget nih sama manusia, itu 1 sampai 2 gram per hari. Itu pun kalau kaitannya dalam terapi," ungkapnya. 

Menurut dr Tirta, apabila informasi terkait konsumsi vitamin C sebanyak 1 gram per 3 jam dijalani, artinya sama saja seperti makan dua buah jeruk per tiga jam, Bunda.

Jika diakumulasikan, maka bisa terhitung jumlah jeruk yang dimakan mencapai 16 butir per hari. Tentunya, ini termasuk pada hal yang dianggap berlebihan dan berdampak tak baik.

"Sesuatu yang berlebihan itu tidak baik," tuturnya.

Memang, dr Tirta mengakui bahwa pasien COVID-19 diberi vitamin C selama masa perawatan. Akan tetapi, perlu diketahui bahwa itu diukur berdasarkan kondisi yang bersangkutan.

"Kalau orang kena COVID-19 pun, pemberian vitaminnya bukan serta merta satu gram, tetapi tablet 500 miligram, yang diminum pagi sama sore. Bukan sekaligus satu gram. Ginjal, bos. Ginjal," katanya.

Selain soal vitamin C, dr Tirta juga membahas soal hoaks lainnya nih, Bunda. Simak di halaman berikut, ya.

Tonton juga manfaat konsumsi buah naga yang kaya vitamin super untuk anak dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

DR TIRTA TANGGAPI HOAX AIR KELAPA SEMBUHKAN COVID-19
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi