sign up SIGN UP search
Portrait of a mother fastening her daughter safely in a car seat

Bundapedia

Car Seat

  |   Haibunda

Car seat mungkin terdengar tidak terlalu asing di telinga Bunda, tapi sayangnya di Indonesia masih belum banyak orang yang menggunakan ini untuk keamanan anak-anaknya.

Betul sekali, car seat adalah kursi terpisah yang dipasang khusus di dalam kendaraan agar anak-anak terhindar dari bahaya. Dengan car seat, Si Kecil bisa lebih tenang bahkan terlelap saat Bunda mengendarai mobil.

Kenapa harus menggunakan car seat? Apa saja tips dalam menggunakan car seat?


Apa yang dimaksud dengan car seat?

Car seat adalah sebuah kursi tambahan yang dipasang di dalam kendaraan untuk menjaga anak-anak dari bahaya saat berkendara. Car seat jua menyediakan perlindungan bagi bayi dan anak-anak saat terjebak dalam kecelakaan. 

Car seat biasanya dipasang di belakang mobil atau di belakang bangku depan. Car seat terdiri dari beberapa material yang berbeda.

Mereka biasanya terbuat dari plastik atau logam. Bahan-bahan ini dirancang untuk menahan dan meredam beban yang besar, jika terjadi kecelakaan.  Car seat juga tersedia dalam berbagai bentuk dan ukuran untuk memenuhi kebutuhan anak-anak yang berbeda.

Selain itu, car seat juga memiliki berbagai fitur untuk membantu memastikan keselamatan anak-anak. Beberapa car seat memiliki komponen pelindung tambahan, seperti seat belt yang kuat atau airbag. 

Ada juga car seat yang dilengkapi dengan sistem penguncian untuk memastikan bahwa anak-anak tetap aman saat berkendara.

Seperti halnya produk lainnya, car seat harus diganti setiap beberapa tahun. Jika car seat sudah usang, Bunda bisa memperbaikinya atau membeli yang baru. Sebab, car seat bisa rusak jika tidak dirawat. 

Menggunakan car seat akan memastikan bahwa Si Kecil tetap aman saat berkendara. Tentunya, ini akan menambah rasa aman Bunda saat berkendara, terlebih jika berkendara dengan jarak yang jauh.

Kenapa Bunda harus menggunakan car seat?

Menggunakan car seat adalah salah satu hal yang paling penting dalam memastikan keselamatan Si Kecil saat berada di dalam perjalanan. Menggunakan car seat juga menjadi keputusan yang bijaksana untuk peduli terhadap keselamatan Si Kecil. Berikut ini adalah alasan penting mengapa harus menggunakan car seat di dalam kendaraan:

1. Untuk melindungi Si Kecil dari cedera yang parah

Menggunakan car seat membantu melindungi Si Kecil dari cedera yang parah atau bahkan kematian akibat terjadinya kecelakaan atau tabrakan. Car seat yang tepat akan memberikan perlindungan ekstra terhadap cedera parah selama insiden tabrakan.

2. Mencegah Si Kecil terlempar akibat tabrakan

Ketika tabrakan atau kecelakaan terjadi, car seat bisa melindungi Si Kecil dari tertarik oleh gaya gesek ketika kendaraan bergerak. Hal ini akan mencegah mereka terlempar atau terpental akibat benturan dari tabrakan.

3. Menjamin keselamatan Si Kecil dengan lebih baik

Dengan menggunakan car seat, Bunda dapat memastikan bahwa Si Kecil aman dan nyaman selama perjalanan. Car seat akan mencegah Si Kecil dari bergerak keluar dari posisi mereka, serta menghalangi jatuh dan masuknya benda asing ke tempat duduk mobil.

Oleh karena itu, penting bagi Bunda untuk memeriksa apakah Bunda sudah menempatkan Si Kecil di dalam car seat dengan benar ketika mereka berada di mobil. Tapi, sampai kapan Si Kecil akan menggunakan car seat? Apakah ada jenis car seat tertentu untuk rentang umur yang berbeda?

Image of an Asian Chinese woman fastening seat belt for her baby boy on car safety seat before drivingIlustrasi car seat/ Foto: Getty Images/hxyume

Sampai kapan seharusnya Si Kecil menggunakan car seat

Car seat adalah alat yang sangat penting untuk menjamin keselamatan Si Kecil saat dalam perjalanan dengan mobil. Namun, banyak orang yang tidak tahu atau bingung kapan seharusnya car seat digunakan untuk Si Kecil.

Menurut American Academy of Pediatrics (AAP), car seat harus digunakan sejak bayi lahir hingga mereka dapat duduk dengan aman tanpa dukungan. Ini berarti bahwa bayi harus duduk di car seat yang didesain khusus untuk bayi (rear-facing car seat) selama setidaknya 2 tahun atau sampai mereka mencapai ukuran dan berat badan yang ditentukan oleh pabrik. 

Setelah periode usia ini, Si Kecil dapat duduk di car seat yang didesain untuk anak yang lebih besar (forward-facing car seat) sampai mereka dapat duduk tanpa dukungan.

Sebagian besar car seat untuk bayi didesain untuk digunakan sampai berat Si Kecil mencapai 10-16 kg, sementara car seat untuk Si Kecil yang lebih besar didesain untuk digunakan sampai berat badan Si Kecil mencapai 18-36 kg. 

Namun, pastikan untuk membaca petunjuk pabrik car seat yang Bunda gunakan untuk mengetahui berat dan ukuran maksimum yang ditentukan oleh pabrik.

Tips menggunakan car seat

Car seat adalah salah satu alat pendukung transportasi yang penting bagi Si Kecil. Berbagai jenis car seat telah dikembangkan untuk membuat pengemudi dan penumpangnya lebih aman, sehingga Bunda harus tahu bagaimana menggunakannya dengan benar. 

Dilansir dari Healthline, berikut adalah beberapa tips untuk menggunakan car seat yang akan membantu Bunda melindungi Si Kecil.

1. Pilih car seat yang sesuai

Ketika memilih car seat, pastikan bahwa car seat yang dibeli sesuai dengan umur, bentuk, dan berat Si Kecil, dan pastikan bahwa car seat sesuai dengan standar keamanan. 

Jika Bunda tidak yakin, Bunda bisa mencari berkonsultasi dengan ahli car seat yang akan memberi banyak informasi tentang model yang tepat untuk dibeli.

2. Lakukan instalasi dengan benar

Pasang car seat dengan benar dengan membaca manual yang disertakan atau datang ke toko untuk bantuan. Pastikan Bunda mengikuti petunjuk dengan benar untuk memastikan keamanan Si Kecil.

3. Sesuaikan car seat setiap saat

Setiap kali Bunda menyesuaikan car seat, pastikan bahwa Bunda menyesuaikan posisi car seat dan jalur sabuk pengaman dengan benar. Posisi ini harus disesuaikan tergantung pada usia Si Kecil dan ukurannya.

4. Jangan sepelekan car seat

Bunda juga harus tetap menggunakan car seat saat Bunda akan meninggalkan mobil walaupun Bunda hanya akan meninggalkannya untuk waktu yang sangat singkat.

5. Tetaplah berhati-hati

Meskipun Bunda sudah melakukan semuanya dengan benar, selalu ingat untuk tetap berhati-hati saat berkendara dengan Si Kecil. Mengemudi dengan cepat, berbelok keras, dan lainnya tentu akan tetap membahayakan dan akan mengurangi keamanan Si Kecil.

Membeli car seat mungkin bisa dikatakan sebagai investasi untuk mencegah kemungkinan yang lebih buruk. Selain itu, Bunda juga bisa berkendara sendiri tanpa bantuan orang lain yang harus menjaga Si Kecil.

Car seat juga dapat membuat Si Kecil menjadi lebih mandiri dan mengetahui kebutuhannya setiap kali akan keluar berkendara bersama Bunda. Dengan menggunakan car seat, Bunda akan dapat merasa tenang bahwa Si Kecil dalam keamanan yang baik. 

Jaga keselamatan Si Kecil dengan selalu menggunakan car seat dengan benar setiap kali Bunda berkendara atau melakukan perjalanan dengan kendaraan. Semoga bermanfaat ya, Bunda.

[Gambas:Video Haibunda]



Share yuk, Bun!
Tahukah Bunda
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!