sign up SIGN UP search


cerita-bunda

Kakak Ajak Pindah Kota Bersamanya, Sampai di Sana Kami Malah Melarat

ziz Jumat, 27 Aug 2021 18:05 WIB
Ilustrasi perempuan sedih caption
Jakarta -

Saya dan suami memang tidak punya kerja pasti. Dari dulu, dari sebelum nikah, kami berdua mengajar.

Suami dulu waktu masih lajang jadi guru bahasa Arab dan Inggris. Sedangkan saya jadi guru jahit di kampung. Saat dia sudah mulai stabil, barulah aku diboyongnya ke Jakarta dan kami menetap di Jakarta Timur.

Sesudah punya anak pertama, ada saudara kami yang minta agar kami menempati rumahnya yang kosong. Masih di wilayah Jaktim juga, hanya beda kecamatan aja. Di rumah ini rezeki kami lumayan karena 'kan enggak harus bayar kontrakan.


Perkembangan Janin Usia 2 BulanFoto: Mia Kurnia Sari

Anak pertama kami pun sekolah lancar, enggak perlu keluar biaya. Untuk biaya bulanan malah kadang kami dapat uang perawatan dari empunya rumah. Jadi bener-bener lumayan saat itu.

Nah, saat saudara jauh ini mulai sakit-sakitan, anak-anak mereka mulai keberatan kami tinggal di rumah itu. Akhirnya saya dan suami cari kontrakan baru.

Di sinilah ekonomi kami mulai pontang-panting. Dari uang mengajar dan dagang di rumah sebelumnya, kami bisa ngontrak rumah yang sekalian bisa jadi toko.

Masalahnya lagi di sekitar rumah kontrakan ini banyak banget warung yang sama, Bun. Keunggulan kami cuma di malam hari karena banyak anak nongkrong yang beli rokok. Suami begadang sampai jam 1.00 malam asal dagangan kami laku.

Tahu kondisi kami kayak begini, kakak kandung saya di kampung ngasih solusi: pindah ke kampung lagi aja. Dia bilang akan bantu semua yang kami butuhkan. Asalkan kami cari rumah sendiri.

Tapi ternyata ajakan itu malah berujung enggak baik untuk kami. Lihat di HALAMAN SELANJUTNYA, Bun.

Simak juga video berikut mengenai kisah pasangan muda, Natta Reza dan Wardah Maulina, yang sempat hidup susah di tahun pertama pernikahan. 

Janji Kakak Itu Kosong Belaka
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!