sign up SIGN UP search


cerita-bunda

Hanya Karena Aku Sarjana yang Jadi Penjahit, Kami Direndahkan & Dicap 'Miskin'

Sahabat HaiBunda   |   Haibunda Senin, 21 Feb 2022 18:05 WIB
Ilustrasi istri menangis Ilustrasi/Foto: Getty Images/iStockphoto/gahsoon
Jakarta -

HaiBunda..Aku mau curhat problematika yang aku alami. Sangat amat butuh saran dari Bubun dan Bunda lainnya.

Singkat cerita, aku Ibu Rumah Tangga (IRT) dari dua anak. Alhamdulillah tinggal sudah pisah dengan orang tua dan mertua. Tapi jarak rumahku hanya beda dua rumah dengan mertua.

Dari awal menikah, mertua memang kurang sreg dengan aku. Ini karena statusku sarjana ekonomi tapi menjahit. Yess aku kursus jahit dan buka jahitan online untuk kemudian dikerjakan di rumah.


Banner Pengantin Tanpa KakiBanner Pengantin Tanpa Kaki/ Foto: HaiBunda/Annisa Shofia

Sering kali mertua membandingkanku dengan wanita yang dulu dijodohkan ke suamiku atau menantu-menantu hebat lainnya dalam keluarga ini. Kehidupan kami mandiri, bahkan tidak punya uang pun kami memilih minjam ke orang lain daripada ke mertu dan orang tuaku.

Saya pun mengurus anak sendiri karena dari awal mertua memang keberatan jika harus mengurus anak kecil. Hal ini tidak jdi masalah, hanya saja setiap yang saya lakukan dan keperluan materi yang kami keluarkan untuk keluarga besarnya, tidak pernah dianggap.

Semisal ketika kami aqiqah, mertua bilang iparku yang sukses itu yang membiayai. Dia bicara begini karena saya cuma penjahit, mana mungkin bisa mengeluarkan biaya besar. Ketika aku renovasi rumah pun demikian, lagi-lagi mertua cerita ke orang lain bahwa itu semua didanai iparku.

Aku sampai jengah, ingin bertanya langsung."Maksudnya apa mertua ngomong gitu? Kenapa?". Tapi aku takut dibilang enggak sopan atu menantu enggak tau diri. Aku harus gimana ya, Bun?

(Bunda W, tidak memberi lokasi)

Mau berbagi cerita, Bunda? Share yuk ke kami dengan mengirimkan Cerita Bunda [email protected] ceritanya terpilih untuk ditayangkan, akan mendapat hadiah menarik dari kami.

Simak juga video berikut dari Fanny Fabriana yang membacakan cerita Bunda soal mertua. 

(ziz/ziz)
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!