sign up SIGN UP search


haibunda-squad

Kenali 5 Tanda Melahirkan Sudah Dekat, Ibu Hamil Perlu Lakukan Ini

Muhayati Faridatun Kamis, 17 Dec 2020 08:15 WIB
Doctor visit pregnant woman at home caption
Jakarta -

Sebagian besar ibu hamil biasanya makin deg-degan saat memasuki hari perkiraan lahir (HPL). Supaya enggak tegang, sebaiknya mengetahui apa saja tanda melahirkan dan persiapan yang harus dilakukan.

Dijelaskan dokter spesialis kebidanan dan kandungan dr.Ilham Utama Surya, Sp.OG., persalinan adalah suatu usaha mengeluarkan janin dari dalam rahim. Ini merupakan kerja sama antara kontraksi rahim, pembukaan leher rahim, penurunan kepala bayi, dan kapasitas jalan lahir.

Saat HPL semakin dekat, tentu banyak persiapan yang perlu ibu hamil lakukan. Selain membeli kebutuhan dan perlengkapan bayi, lalu apa saja yang harus dibawa ke rumah sakit atau bidan untuk persalinan, kata dokter Ilham, persiapan fisik dan mental sangat penting diperhatikan.


"Salah satunya yaitu mengenali tanda-tanda persalinan sudah dekat," ujarnya kepada HaiBunda, beberapa waktu lalu.

Dokter Ilham menjelaskan, pada umumnya, persalinan bisa ditandai dengan munculnya kontraksi. Tapi, sebagian Bunda mungkin bingung membedakan kontraksi jelang melahirkan dengan kontraksi palsu (Braxton Hicks).

Braxton Hicks kadang muncul di trimester ketiga kehamilan, sehingga sering dianggap sebagai tanda melahirkan. Padahal, saat kontraksi palsu ini terjadi, usia kandungan belum cukup bulan untuk melahirkan. Tak jarang juga ibu hamil panik karena mengalami Braxton Hicks.

Nah, supaya enggak bingung saat mengalami kontraksi palsu, dokter Ilham menyarankan, sebaiknya ibu hamil mengenali tanda-tanda melahirkan dan melakukan persiapan sedini mungkin. Bunda perlu tahu, persalinan normal terjadi saat 37 hingga 42 minggu.

Rentang tersebut merupakan waktu yang optimal untuk melahirkan normal. Kalau terjadi saat kehamilan di bawah usia 37 minggu, maka disebut persalinan prematur atau kurang bulan.

"Sedangkan persalinan melebihi usia kehamilan 42 minggu, maka disebut post matur, serotinus atau lewat waktu," kata dokter Ilham.

Lalu, apa saja tanda melahirkan sudah dekat? Persiapan apa saja yang harus ibu hamil lakukan? Untuk penjelasan lengkapnya, klik BACA HALAMAN BERIKUTNYA.

Banner tanaman hias tropisBanner tanaman hias tropis/ Foto: HaiBunda/ Mia Kurnia Sari

Simak juga yuk perlindungan ibu hamil dan balita saat pandemi COVID-19, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



Persiapan ibu hamil jelang melahirkan
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi