kehamilan

Ketahui Penyebab Bunda Melahirkan Lebih Cepat Seperti Sarwendah

Yuni Ayu Amida Minggu, 23 Jun 2019 11:27 WIB
Ketahui Penyebab Bunda Melahirkan Lebih Cepat Seperti Sarwendah
Jakarta - Pasangan selebriti Sarwendah dan Ruben Onsu baru saja dikaruniai putri kedua, yang diberi nama Thania Putri Onsu. Adik Thalia ini lahir pada Rabu (5/6/2019) di salah satu rumah sakit di Singapura.

Di balik cerita bahagia mereka, rupanya kelahiran Thania ini di luar tanggal yang diprediksi. Dikatakan Ruben, tanggal persalinan Sarwendah saat itu dimajukan lima hari dari jadwal seharusnya.

"Due date-nya kan harusnya tanggal 10 (Juni), tapi saya majukan tanggal lima," ujar Ruben, dikutip dari InsertLive.



Perubahan jadwal persalinan Sarwendah ini, kata Ruben, juga atas rekomendasi dokter yang menangani. "Harusnya sih akhir puasa, cuma karena dokternya minta Wendah lebih cepat, dokter bilang sebenarnya masih dua minggu lagi berangkatnya. Cuma dokter lihat hasil harus berangkat, jadi berangkatnya dipercepat," tuturnya beberapa waktu lalu, dilansir detikcom.

Pria 35 tahun ini juga bercerita, selama di Singapura, dia dan istrinya kerap dikunjungi rekan sesama artis, seperti Raffi Ahmad dan Denada. Tak hanya untuk menjenguk, mereka juga memberikan kado spesial untuk buah hati Ruben dan Sarwendah.

"Senenglah di-support sama teman-teman, dikasih semangat secara langsung ke rumah sakit," katanya.

Ketahui Penyebab Bunda Melahirkan Lebih Cepat Seperti SarwendahFoto: Instagram
Bicara soal waktu kelahiran, dikatakan dr.Vincenzo Berghella kepada Live Science, sebenarnya belum ada metode pasti untuk menentukan waktu kelahiran secara tepat. Dokter pun biasanya melakukan pemeriksaan serviks secara manual untuk mengetahui waktu lahir, dan cara itu pun kurang akurat.

Di samping itu, studi sebelumnya mengungkapkan bahwa wanita hamil yang punya leher rahim pendek, kurang dari 2,5 cm, berpotensi alami kelahiran prematur. Berghella pun melakukan penelitian dengan mengukur panjang leher rahim 735 perempuan hamil.


Dalam penelitian tersebut ditemukan, di antara wanita yang memiliki leher rahim sekitar 3 cm, ketika diperiksa di trimester ketiga, kurang lebih 50 persen dari mereka melahirkan dalam waktu seminggu atau lebih setelah pemeriksaan. Sedangkan wanita dengan leher rahim kurang dari 1 cm, sekitar 85 persennya melahirkan dalam waktu kurang dari seminggu setelah pemeriksaan.

"Hal ini menunjukkan bahwa wanita hamil dengan leher rahim yang memendek di trimester ketiga kehamilan, kemungkinan besar akan melahirkan dengan cepat atau kurang dari seminggu," kata Berghella.


Bunda, simak juga yuk penjelasan doker tentang cara menghitung usia kehamilan, dalam video berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]

(yun/muf)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi