kehamilan

Pentingnya Asam Folat di Menu Makanan Ibu Hamil untuk Otak Bayi

Radian Nyi Sukmasari Senin, 08 Jul 2019 09:03 WIB
Pentingnya Asam Folat di Menu Makanan Ibu Hamil untuk Otak Bayi
Jakarta - Berbagai zat gizi diperlukan untuk mengoptimalkan perkembangan otak bayi di kandungan. Salah satunya yang utama adalah asam folat, Bun.

Dikatakan dr.Merdina Manik, M.Gizi dari RSUD Kramat Jati,  sebanyak 78 persen pertumbuhan otak terjadi di dalam rahim. Sedangkan sisanya akan berkembang hingga anak berusia 2 tahun. Pertumbuhan otak anak di masa kehamilan salah satunya dipengaruhi oleh asam folat.

"Asam folat dengan besar kebutuhan 600 mikrogram per hari. Ini akan memengaruhi pertumbuhan otak sebesar 70 persen dibanding zat gizi lain," kata Merdina saat berbincang dengan HaiBunda.


Pemberian asam folat berguna untuk perkembangan otak janin sejak berwujud embrio, Bun. Selain itu, asam folat juga menjadi kunci penting pertumbuhan fungsi otak yang sehat selama kehamilan. Bila janin mengalami defisiensi asam folat, sel-sel jaringan utama (stem cells) cenderung membelah lebih lambat, dibanding jaringan utama pada janin yang ibunya mendapat asupan asam folat yang cukup saat hamil.

Pertumbuhan otak juga dipengaruhi oleh Kolin dengan besar kebutuhan 400 mikrogram per hari, DHA serata Omega 6 (1 persen) dan Omega 3 (2,3 persen). Kebutuhan zat gizi ibu hamil pada trimester 2 dan 3 erat kaitannya dengan perkembangan intelegensi, karena pada usia kehamilan 15 - 20 minggu, otak mengalami pertumbuhan pesat.

Merdina menambahkan, di usia kehamilan 30 minggu sampai usia bayi 18 bulan aka mengalami fase cepat ke-2. Bunda juga perlu tahu, otak mengalami pertumbuhan cepat pertama kali pada masa kehamilan trimester 3. Pada trimester ini, sel neuron otak besar membelah dan membagi dengan cepat.

"Berbagai nutrisi dibutuhkan untuk perkembangan otak anak, yang terpenting adalah protein, kalsium, fosfor, besi, magnesium, seng, iodium, B1, B3, B9 (asam folat), lalu Vitamin C dan D," tambah Merdina.

Ilustrasi asam folat untuk ibu hamilIlustrasi asam folat untuk ibu hamil/ Foto: iStock
Oleh sebab itu, Merdina menekankan ibu hamil butuh kadar folat yang cukup dalam darah. Kadar asam folat dalam darah sangat dipengaruhi asupan folat pada nutrisi ibu.


"Sayangnya, kandungan asam folat yang tinggi dalam makanan bisa hilang sampai 80 persen dalam proses pengolahan makanan. Sehingga, dianjurkan ibu hamil mengonsumsi asupan asam folat," pungkasnya.

Simak juga manfaat balet untuk kecerdasan anak di video berikut, Bun.

[Gambas:Video Haibunda]

(rdn/rap)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi