Sign Up search


kehamilan

Takut Keguguran karena Bercinta? Cobalah Posisi Seks Paling Aman

Muhayati Faridatun Senin, 29 Jul 2019 19:35 WIB
Takut Keguguran karena Bercinta? Cobalah Posisi Seks Paling Aman
Jakarta - Hubungan seks semasa hamil bisa menyebabkan keguguran jadi salah satu mitos kehamilan yang berkembang. Kalau Bunda cemas, kenapa enggak mencoba posisi seks yang paling aman?

Mengutip penjelasan dalam buku 30 Perubahan Tubuh Selama Hamil, yang ditulis Rusmalia B. Salman, Bunda yang hamil normal dan tidak hamil kembar, orgasme sama sekali tidak berisiko mengakibatkan keguguran.

Justru, beberapa ahli meyakini, hubungan seks yang dilakukan semasa kehamilan dapat menurunkan risiko preeklampsia, serta kehamilan lewat bulan, bila bercinta dilakukan secara teratur di trimester ketiga.


"Beberapa ahli berpendapat, kontraksi otot yang terjadi saat orgasme baik untuk merangsang aktivitas jantung janin," demikian penjelasan yang dibenarkan dr.Arie Adrianus Polim, D.Mas, Sp.OG(K).

Meski para ahli sudah memastikan hal tersebut, mungkin masih banyak bunda hamil yang enggan bercinta karena rasa cemas. Tapi kalau hasrat itu muncul, baiknya Bunda dan Ayah memilih posisi seks yang paling aman.

Takut Keguguran karena Bercinta? Cobalah Posisi Seks Paling AmanIlustrasi posisi seks saat hamil/ Foto: iStock
Personal trainer bersertifikat Leah Keller merekomendasikan, cowgirl sebagai salah satu posisi seks paling aman semasa kehamilan. Posisi tersebut dianggap aman karena bisa dilakukan tanpa menekan perut Bunda.

Posisi cowgirl digambarkan, Bunda berada di atas seperti sedang mengendarai pasangan. Keller mengatakan, Bunda bisa menghadap ke arah mana saja dan pasangan berbaring di tempat tidur atau duduk tegak di kursi yang kokoh.

"Posisi ini memberi Anda kendali paling besar atas kedalaman penetrasi dan intensitas stimulasi," urai pendiri program Every Mother asal Amerika Serikat ini.

Bagaimana, Bun, masih khawatir keguguran karena bercinta? Simak juga yuk penjelasan dr.Finekri Abidin, Sp.OG(K), tentang manfaat sering bercinta di trimester akhir kehamilan, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(muf/som)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi