kehamilan

Cerita Shandy Aulia Dinyinyiri karena Pilates Saat Hamil

Radian Nyi Sukmasari Sabtu, 14 Sep 2019 13:00 WIB
Cerita Shandy Aulia Dinyinyiri karena Pilates Saat Hamil
Jakarta - Di usia kehamilan 5 bulan, Shandy Aulia masih aktif berolahraga. Salah satu olah fisik yang dia lakukan yakni pilates.

Sayangnya, apa yang dilakukan Shandy justru mengundang nyinyiran beberapa netizen. Seorang netizen mengatakan, dirinya berhenti mem-follow Shandy karena dia menganggap Shandy menyiksa janinnya.

"Nunggu bertahun-tahun giliran udah dikasih kelakuannya aneh-aneh. Ati-ati mbak yu," ujar netizen yang lain. Menanggapi hal ini, Shandy bilang kalau dia sudah melakukan pilates sejak 5 tahun belakangan.


"Menurut aku karena ketidakngertian mereka aja. Aku kan sempat sharing di channel YouTube aku kalau ketika hamil kita harus tetap do something, berolahraga. Cuma sekali lagi, culture di Indonesia hamil maunya tidur dan makan. Harus makan yang banyak," tambah Shandy, saat mengisi acara Rumpi No Secret.

Di channel YouTube Shandy Aulia, instruktur pilates dan owner Aalaya Pilates, Mira Hasan mengatakan, pilates sebenarnya aman untuk ibu hamil karena semua gerakannya termasuk gerakan olahraga low impact. Tapi, dianjurkan ibu hamil untuk minta persetujuan dokter lebih dulu.

Kalau dibolehkan, kondisi ibu hamil dan bayi sehat, kata Mira silakan lanjut melakukan pilates. Tapi, jika dokter menyarankan untuk tidak melakukan pilates karena ada suatu kelainan misalnya, maka jangan lakukan, Bun.

"Kemudian dianjurkan cari instruktur yang sertified, memang ada sertifikasi lulus, kalo bisa internasional. Instruktur juga harus pernah melanjutkan pendidikan lebih tinggi dalam bidang kehamilan. Jadi ada pendidikan khusus untuk spesial population, termasuk ibu hamil," papar Mira.

Soal manfaat pilates untuk ibu hamil, Mira bilang pada dasarnya latihan gymnastic kita melatih otot dasar panggul yang penting untuk kelancaran proses melahirkan. Apalagi, jika Bunda berencana melahirkan normal.

Shandy AuliaShandy Aulia/ Foto: Instagram/@shandyaulia
Setelah kehamilan, otot dasar panggul pun lebih mudah pulih. Terkait anggapan pilates amankah untuk janin di kandungan, Mira menegaskan, ada kantung janin yang membungkus bayi di kandungan. Meski yang dilatih ketika pilates adalah otot perut, tapi praktiknya relatif aman karena bayi juga dilindungi air ketuban.

Beberapa pekerjaan rumah tangga bisa juga Bunda lakukan selama hamil. Hitung-hitung olahraga, Bun. Simak ulasannya di video berikut.

[Gambas:Video Haibunda]

(rdn/muf)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi