kehamilan

5 Tips Mencegah Keguguran yang Perlu Bunda Tahu

Yuni Ayu Amida Senin, 07 Oct 2019 09:39 WIB
5 Tips Mencegah Keguguran yang Perlu Bunda Tahu
Jakarta - Keguguran merupakan momok menakutkan bagi semua ibu hamil. Terlebih pasangan baru menikah yang sedang menantikan kelahiran anak pertama.

Dikatakan dr.Anna Agustina, Sp.OG, dari RSU Bunda Jakarta, ada dua faktor yang bisa menyebabkan keguguran, yakni faktor dari suami dan faktor dari istri. Dijelaskan, faktor dari suami biasanya karena sperma yang tidak sehat.

"Dari istri banyak faktor penyebabnya. Misalnya karena dari organ seperti adanya polip dan miom. Ada juga karena hormon enggak balance atau kekentalan dan pembekuan darah," tutur Anna, dilansir detikcom.


Sementara itu, dr.Aryando Pradana, dokter kandungan di RS Bunda Jakarta, menambahkan bahwa keguguran tak hanya disebabkan ayah dan ibu, tetapi juga bisa disebabkan karena kelainan kromosom pada janin.

"Kondisi keguguran berulang bisa disebabkan oleh adanya kelainan kromosom dari kedua pasangan, faktor kelainan anatomi dari rahim, faktorimunologis ibu, faktor hormon ibu atau faktor infeksi," ujar Nando.

5 Tips Mencegah Keguguran yang Perlu Bunda TahuFoto: iStock

Itu sebabnya sebelum keguguran terjadi, ada baiknya dilakukan pencegahan. Melansir Healthline, berikut ini lima cara yang bisa Bunda lakukan agar tak keguguran.

1. Konsumsi asam folat

Penelitian menunjukkan, mengonsumsi 400 mikrogram (mcg) asam folat setiap hari dapat mengurangi risiko cacat lahir yang dapat menyebabkan keguguran. Karena itu, mulailah mengonsumsi vitamin B ini setiap hari jika berencana hamil. Konsumsi juga selama kehamilan agar dapat manfaat besar.

2. Pola hidup sehat

Hindari faktor risiko yang tidak sehat, seperti merokok, perokok pasif, konsumsi alkohol, penggunaan obat. Kita juga harus membatasi asupan kafein hingga 300 miligram (mg) per hari.

Selain menghindari risiko, kita juga dapat meningkatkan kesehatan kehamilan dengan berolahraga secara teratur, cukup tidur, serta makan makanan yang sehat dan seimbang selama kehamilan. Tak hanya itu, kita juga mesti mempertahankan berat badan yang sehat. Kelebihan berat badan, obesitas, atau kekurangan berat badan dapat meningkatkan risiko komplikasi selama kehamilan, termasuk keguguran.

3. Lakukan tindakan pencegahan terhadap infeksi

Salah satu caranya seperti cuci tangan sesering mungkin. Ini dapat membantu kita menghindari penyakit seperti flu dan radang paru-paru yang mudah menyebar.

Pastikan pula kita mendapat imunisasi terbaik. Bicarakan dengan dokter tentang imunisasi lain yang mungkin kita perlukan selama kehamilan, termasuk vaksin flu.

4. Perhatikan kondisi kronis

Jika kita memiliki masalah kesehatan, seperti tekanan darah tinggi, diabetes, atau penyakit autoimun, konsultasi dengan dokter untuk merawat atau mengatasinya dengan benar. Ini dapat membantu mencegah keguguran.

5. Lakukan seks aman

Beberapa penyakit menular seksual (PMS) dapat menyebabkan komplikasi selama kehamilan. Sebaiknya lakukan tes sebelum pasangan memulai program hamil. Jika sudah hamil, perlu juga untuk melakukan pengecekan secepatnya.

Selain itu, jika ingin berhubungan seks selama hamil, lakukanlah dengan aman. Jangan lakukan seks yang berisiko terkena PMS, seperti seks oral atau anal.

Simak pula tayangan kabar duka dari pasangan Ammar Zoni dan Irish Bella ini, Bunda.

[Gambas:Video 20detik]



(yun/muf)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi