kehamilan

5 Keluhan Ini Terjadi pada Ibu Hamil 6 Bulan, Apa Saja?

Asri Ediyati Kamis, 10 Oct 2019 17:08 WIB
5 Keluhan Ini Terjadi pada Ibu Hamil 6 Bulan, Apa Saja?
Jakarta - Memasuki bulan keenam kehamilan, ibu hamil akan memiliki beberapa keluhan. Ibu hamil enam bulan ini biasanya memiliki keluhan yang sama saat usia kandungan empat dan lima bulan. Memang keluhan ini bersifat umum dan wajar, namun Bunda perlu berhati-hati jika keluhan makin parah.

Ya, ada beberapa keluhan yang ternyata merupakan gejala preeklampsia. Hal yang sama dialami Irish Bella baru-baru ini, tekanan darahnya tinggi ketika ingin dioperasi. Selain itu ada beberapa penyebab yang membuat kedua bayi kembar meninggal dalam kandungan.

Lantas apa saja keluhan yang terjadi pada ibu hamil enam bulan? Berikut telah HaiBunda dari berbagai sumber.

1. Napas pendek


Napas pendek bisa meningkat frekuensinya. Payudara Bunda mungkin mulai memproduksi kolostrum, ASI pertama yang keluar. Ini dapat berlanjut sepanjang sisa kehamilan Bunda. Demikian dikutip dari Planned Parenthood.

2. Kontraksi Braxton-Hicks atau palsu

Beberapa wanita mengalami kontraksi Braxton-Hicks ketika mereka hamil 6 bulan. Mereka merasa seperti ada yang memeras rahim atau perut tanpa rasa sakit. Ini adalah cara rahim berlatih untuk persalinan dan melahirkan.

Kontraksi Braxton-Hicks adalah normal dan bukan merupakan tanda persalinan dini. Tetapi tanyakan kepada dokter Bunda apakah benar Bunda mengalami kontraksi palsu atau justru kontraksi asli.
ilustrasi ibu hamililustrasi ibu hamil/ Foto: iStock
3. Kaki dan tangan bengkak

Di usia enam bulan, Bunda mungkin melihat pergelangan kaki, kaki, dan tangan membengkak. Ini karena peningkatan volume darah, alhasil akan ada kelebihan cairan ke jaringan di sekitarnya, menghasilkan edema (atau retensi air).

Jika kaki bengkak, Bunda bisa menaikkan kaki untuk mengurangi bengkak, jangan juga terlalu makan banyak garam. Sebagian besar pembengkakan adalah bagian dari proses kehamilan. Jadi akan hilang setelah melahirkan. Namun, jika memang bengkaknya tak normal Bunda perlu periksakan ke dokter atau bidan.

4. Tak bisa tidur nyenyak

Mengutip Mother and Baby UK, tidur nyenyak selama kehamilan itu penting, namun begitu hamil enam bulan, Bunda mulai merasa tak nyaman saat berbaring lama-lama. Bunda mungkin akan sering terbangun karena pergerakan si kecil.

5. Sering berkemih

Bunda akan sering berkemih saat hamil enam bulan karena posisi janin akan terus menekan kandung kemih. Akibat tekanan, maka sedikit-sedikit Bunda akan mengeluh ingin ke toilet.

Nah, khusus untuk keluhan bengkak. Dikutip dari Family Education, jika mengalami pembengkakan wajah dan tangan yang tiba-tiba dan parah, segera hubungi dokter atau bidan. Ini mungkin merupakan tanda preeklampsia, juga disebut toksemia, suatu kondisi yang berpotensi berbahaya bagi Bunda dan bayi.

Tanda-tanda preeklampsia lainnya termasuk:

Tekanan darah tinggi
Sakit kepala
Gangguan visual
Tiba-tiba kenaikan berat badan berlebih
Protein dalam urine

Simak juga video tentang poris makan ibu hamil untuk mencegah stunting:

[Gambas:Video Haibunda]



(aci/som)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi