kehamilan

Bunda Mau Cepat Hamil? Sering-sering Lakukan Morning Sex Aja

Annisa Karnesyia Senin, 14 Oct 2019 19:02 WIB
Bunda Mau Cepat Hamil? Sering-sering Lakukan Morning Sex Aja
Jakarta - Kehamilan tentu menjadi momen yang ditunggu-tunggu pasangan setelah menikah. Banyak cara dilakukan untuk bisa hamil, termasuk menghitung masa subur.

Namun, pernahkah Bunda berpikiran kalau waktu berhubungan seks bisa menentukan keberhasilan hamil? Beberapa pakar percaya waktu yang tepat memengaruhi kualitas sperma pria.

Menurut dokter kandungan dan reproduktif endokrinologi di Neway Fertility, Dr.Daniel Kort, berhubungan seks di pagi hari atau morning sex bisa membantu Bunda cepat hamil. Konsepsi atau waktu pembuahan lebih mungkin terjadi di pagi hari.


"Mungkin bisa berpotensi, siklus kesuburan atau siklus konsepsi akan lebih mungkin terjadi selama berhubungan seks di pagi hari pada sebagian kecil pasien," kata Kort, dikutip dari Fatherly.

Banyak orang berpikir, berhubungan seks di pagi hari bisa mengganggu jadwal tidur. Padahal penelitian menunjukkan, sebagian besar hormon seks pria pertama kali meningkat di pagi hari.

Salah satu keuntungan berhubungan seks di pagi hari adalah bisa membantu wanita hamil meski wanita hanya memiliki masa ovulasi yang relatif singkat. Beberapa wanita akan menutup masa ovulasinya di pagi hari, dan ini bisa membantu sperma melakukan pembuahan.

"Sperma umumnya membuahi sel telur dalam 72 jam setelah berhubungan seks, Tetapi ketika masa ovulasi lebih pendek dari 72 jam, berhubungan seks di pagi hari memiliki peluang untuk hamil," ujar Kort.

"Pada beberapa kasus, berhubungan seks di pagi hari bisa menguntungkan dari segi perspektif dan waktu ovulasi," lanjutnya.

Ilustrasi suami dan istriIlustrasi suami dan istri/ Foto: iStock

Sedangkan, kata pakar kesuburan, Amin Gafar, studi memang mengatakan sperma pria baik di pagi hari. Namun, studi lainnya bilang, kualitas sperma paling baik di siang hari, Bun.

"Kapanpun waktunya, yang pasti bisa memengaruhi peluang hamil," kata Gafar, dilansir Baby Center.

Gafar memberi contoh, jika waktu pagi sperma yang dihasilkan ada 87 juta, di malam hari bisa menurun sampai 86 juta. Ini mungkin terlihat turun banyak, namun sebenarnya hanya berkurang satu persen.

Melakukan hubungan seks secara rutin disarankan agar Bunda cepat hamil. Idealnya, setiap dua atau tiga hari sekali atau di hari kedua pasangan siap dan tidak tertekan.

"Semakin sedikit stres, semakin bagus performa dan keinginan untuk melakukan hubungan seks," kata Gafar.

Simak juga tips hamil anak perempuan dan laki-laki di video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(ank/rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi