kehamilan

Istri Denny 'Cagur' Berharap Bisa Transfer Embrio Bayi Tabung Lagi

Muhayati Faridatun Kamis, 17 Oct 2019 16:33 WIB
Istri Denny 'Cagur' Berharap Bisa Transfer Embrio Bayi Tabung Lagi
Jakarta - Istri Denny 'Cagur', Shanty, masih dirundung kesedihan lantaran kandungannya harus dikuret. Tapi, dia mengaku masih berharap bisa hamil lagi lewat program bayi tabung.

Berbagi cerita di channel YouTube Shanty Denny, Shanty tak kuasa menahan tangis. Ia mengatakan, kandungannya yang baru berusia tujuh minggu harus digugurkan.

"Dokter bilang, embrio tidak berkembang di usia kehamilan tujuh minggu. Tanggal 11 (Oktober) kontrol lagi, dan malam itu juga aku kuret," ungkap Shanty.


Setelah sempat menangis selama dua hari, Shanty akhirnya menerima kenyataan pahit itu. Ia ikhlas kehilangan calon anak ketiga dalam kandungannya, setelah melewati serangkaian proses program bayi tabung.

Meski begitu, Shanty pantang putus asa. Ia masih berharap bisa hamil lagi dengan cara yang sama. Pemilik nama lengkap Santi Widihastuti berencana melakukan transfer embrio bayi tabung lagi.

"Aku masih punya satu embrio, sedang diproses. Nanti aku cek lagi, kalau bagus, mungkin akan lakukan transfer embrio lagi," ucap bunda 35 tahun ini.

Istri Denny 'Cagur' Berharap Bisa Transfer Embrio Bayi Tabung LagiKeluarga Denny 'Cagur'/ Foto: Instagram
Seperti dialami istri Denny 'Cagur', memang banyak faktor yang memengaruhi keberhasilan program bayi tabung dan proses kehamilannya. Risiko yang dihadapi pun banyak, salah satunya keguguran.

Melansir dari Mayo Clinic, tingkat keguguran ibu hamil dengan program bayi tabung sama dengan ibu hamil secara alami. Yakni sekitar 15 sampai 25 persen, tapi meningkat lantaran faktor usia ibu hamil.

Lantas, berapa banyak embrio yang bisa ditransfer? "Jumlah embrio yang dtransfer biasanya berdasarkan usia dan jumlah telur yang diambil. Karena tingkat implantasi lebih rendah untuk wanita yang lebih tua," demikian dijelaskan dalam ulasan berjudul In vitro fertilization (IVF).

Seperti halnya Denny 'Cagur' dan istri, program bayi tabung bisa menghasilkan embrio lebih dari satu. Embrio ekstra dapat dibekukan dan disimpan untuk digunakan di masa mendatang hingga beberapa tahun.

Tapi, tidak semua embrio tambahan akan selamat dari proses pembekuan dan pencairan, meski sebagian besar bisa bertahan. Demi bisa hamil lagi, istri Denny 'Cagur' pun mengaku siap mengulang program bayi tabung jika tabungan embrio saat ini tidak bisa digunakan.

"Kalau hasilnya (embrio tambahan) kurang bagus, aku harus jalani lagi program bayi tabung sampai dapat tabungan embrio yang bagus," tegas ibu dari Fabian Muhammad Yahva dan Fadikal Muhammad Arsha.


Bunda, simak juga penjelasan dokter tentang proses kehamilan lewat program bayi tabung, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(muf/rap)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi