kehamilan

Bolehkah Ibu Hamil Diberi Vaksin Polio?

Yuni Ayu Amida Kamis, 24 Oct 2019 17:00 WIB
Bolehkah Ibu Hamil Diberi Vaksin Polio?
Jakarta - Banyak ibu hamil yang mungkin tidak menyadari bahwa mereka rentan terhadap penyakit, yang dapat membahayakan diri mereka serta janinnya. Nah, salah satu cara terbaik untuk menghindari penyakit yang tidak diinginkan adalah dengan melakukan vaksin.

Tapi, apakah vaksin aman untuk ibu hamil? Dilansir Web MD, semua vaksin telah diuji keamanannya di bawah pengawasan (Food and Drug Administration) FDA. Vaksin pun diuji kemurniannya, dan selalu dipantau selama masih digunakan.

Meski mungkin ada beberapa alergi terhadap bahan vaksin. Namun tentunya, alergi tersebut masih dalam batas aman.


Begitu pula dengan cara mencegah penyakit polio. Salah satunya adalah dengan divaksin. Namun, apakah vaksinasi polio ini aman untuk ibu hamil?

Rupanya, vaksin polio tidak disarankan untuk ibu hamil, Bunda. Meskipun tidak ada efek samping yang parah dengan OPV (oral polio vaccine), dan IPV (inactivated polio vaccine) pada ibu hamil atau janin mereka, kedua vaksin ini sebaiknya dihindari selama kehamilan.

Bolehkah Ibu Hamil Diberi Vaksin Polio?Foto: iStock


Hal ini karena vaksin polio masuk dalam daftar vaksin yang berpotensi ditularkan ke bayi yang belum lahir dan dapat menyebabkan keguguran, kelahiran prematur, atau cacat lahir. Kecuali jika bumil berisiko tinggi terhadap infeksi polio, mungkin di kondisi ini, pemberian IPV dapat dipertimbangkan.

Hal ini senada dengan yang dikatakan dr.Ivan M. Sondakh, Sp.OG, sebaiknya ibu hamil jangan diberikan vaksin polio. Sebaliknya, lakukanlah vaksin sebelum hamil atau saat akan mempersiapkan kehamilan.

"Sebaiknya dilakukan sebelum hamil, jadi biasanya sebelum persiapan hamil, jadi yang aktif vaksin," tutur Ivan kepada HaiBunda, Kamis (24/10/2019).

Perlu dicatat ya, Bunda, berikut beberapa vaksin yang boleh untuk ibu hamil yakni Hepatitis B, influenza, dan vaksin Tdap (Tetanus, Difteri, Pertusis). Sedangkan vaksin yang tidak dianjurkan untuk ibu hamil di antaranya, vaksin polio oral (OPV) dan vaksin polio tidak aktif (IPV), Hepatitis A, vaksin MMR (Campak, Gondok, Rubela), Varicella, serta vaksin HPV.

Tonton satu keluarga kena polio.

[Gambas:Video 20detik]

(yun/muf)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi