Sign Up search


kehamilan

Tanda-tanda Hamil yang Sering Dikira Masuk Angin

Asri Ediyati Rabu, 12 Feb 2020 08:49 WIB
Tanda-tanda Hamil yang Sering Dikira Masuk Angin caption
Jakarta - Saat hamil muda, biasanya Bunda akan sadar jika periode menstruasi terlewat. Itu adalah tanda hamil yang spesifik. Namun, ada tanda-tanda hamil yang malah serupa dengan gejala masuk angin.

Mengenai hal itu dr.Karno Suprapto SpOG dari Mayapada Hospital, Lebak Bulus, mengungkap bahwa saat hamil muda memang gejalanya mirip masuk angin.


Dijelaskan Karno, gejala kehamilan memang hampir sama rasanya dengan masuk angin. Meski agak susah membedakannya, namun bisa diketahui dengan dua cara nih, Bun.


"Pada awal kehamilan itu memang hampir sama gejalanya dengan masuk angin. Agak susah membedakannya, nah cara membedakannya ada dua hal: kalau masuk angin, begitu dia minum obat pasti sembuh. Kalau hamil, mau minum obat apapun kecuali minum obat anti mual yang dianjurkan pasti masih muntah-muntah," kata Karno kepada HaiBunda.

Apa saja tanda-tanda hamil yang sering dikira masuk angin?

1. Sakit kepala

Merasa pusing, serta sakit kepala adalah beberapa tanda yang tidak biasa dari kehamilan. Pusing ini biasanya disebabkan oleh peningkatan kadar hormon dalam tubuh wanita selama kehamilan, dan itu juga akibat dari perubahan tekanan darah dan volume darahnya. Selain itu, pingsan dan pusing pada tahap awal kehamilan juga dapat disebabkan oleh kadar gula darah yang rendah.

2. Mual

Satu dari empat wanita merasa mual saat hamil muda. Sebenarnya, jenis mual ini sering disebut sebagai 'morning sickness' tetapi namanya keliru, karena mual ini dapat mengenai kapan saja, siang atau malam.

Beberapa orang percaya mual berkaitan dengan peningkatan kadar estrogen dan progesteron dalam tubuh wanita selama kehamilan, sementara yang lain berpendapat bahwa itu disebabkan oleh human chorionic gonadotropin, yang dikenal sebagai hCG, yang merupakan hormon yang diproduksi setelah konsepsi.
Tanda-tanda Hamil yang Sering Dikira Masuk AnginFoto: iStock


3. Kembung

Kembung sering disebut gejala masuk angin. Namun, ternyata kembung juga bisa menjadi indikator awal kehamilan. Banyak wanita mengalami kembung begitu mereka hamil, sebagian besar karena perubahan hormon yang terjadi dalam tubuh mereka, khususnya dalam hal peningkatan jumlah hormon progesteron. Di antara banyak fungsi progesteron, hormon itu sebenarnya dapat mengendurkan otot-otot di tubuh, termasuk otot-otot di dinding usus.

4. Kelelahan

Tanda lain bahwa Bunda sedang hamil adalah kelelahan. Bunda mungkin akan merasa lelah secara fisik dan mental. Hal ini sebagian besar disebabkan oleh banyak perubahan yang terjadi pada tubuh wanita sejak awal kehamilan.

Bunda mungkin mulai merasa lelah setelah satu minggu setelah pembuahan. Ketika melihat lebih dekat pada perubahan internal ini, telah ditunjukkan bahwa kadar hormon progesteron wanita meningkat, dan ini dapat secara langsung berkontribusi pada kondisi tubuh yang lelah.

5. BAB Cair

Bunda mungkin mengalami BAB cair saat hamil muda. Menurut What to Expect, ini disebabkan pada awal trimester pertama oleh hormon-hormon yang berfluktuasi, mirip dengan mual dan muntah.


Simak juga tips agar kulit tidak kering saat hamil melalui video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]




(aci/som)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi