sign up SIGN UP search


kehamilan

Penyebab dan Cara Mengatasi Mata Kering Saat Hamil, Bunda Perlu Tahu

Asri Ediyati Minggu, 08 Nov 2020 15:38 WIB
The long haired teenager girl in the bed at the early morning caption
Jakarta -

Saat hamil, kita mungkin mengalami kondisi yang tidak pernah dialami sebelumnya. Seperti mata kering salah satunya. Dokter kandungan Valinda Riggins Nwadike, MD, MPH, mengatakan, mata kering selama kehamilan biasanya terjadi karena hormon tidak normal.

"Jika Anda sedang hamil dan tiba-tiba mengalami mata kering, itu biasanya karena hormon kehamilan membuat tubuh Anda memproduksi lebih sedikit air mata," kata Nwadike, dikutip dari Healthline.

Satu studi menemukan bahwa kehamilan menyebabkan perubahan pada mata dan air mata selama 9 bulan, serta mungkin air mata Bunda kurang terkonsentrasi pada trimester terakhir, dibandingkan dengan awal kehamilan.


"Diperlukan lebih banyak penelitian tentang mengapa ini terjadi, tetapi mungkin ada hubungannya dengan melindungi mata dari perubahan tekanan yang juga terjadi pada kehamilan," ujarnya.

Faktor risiko lainnya yang menyebabkan mata kering pada ibu hamil yaitu memakai lensa kontak, dehidrasi, berada di dalam ruangan dengan pemanas atau kipas angin.

Kemudian bisa juga disebabkan karena ibu hamil berada di luar di bawah sinar matahari, berada di luar dalam cuaca dingin atau angin, tidak cukup makan makanan kaya vitamin A, dan tidak mendapatkan cukup asam lemak omega-3 dalam makanan.

Bagaimana cara mengatasinya? Berikut caranya menurut dr.Karoline Pahl, dikutip dari Baby Centre:

1. Jangan menatap layar dalam waktu lama. Ini mempengaruhi seberapa sering Bunda berkedip, dan dapat membuat mata kering. Beristirahatlah yang banyak, dan pastikan layar sejajar atau di bawah ketinggian mata.

2. Ciptakan lingkungan yang lebih lembab di tempat kerja atau di rumah. Tempatkan tanaman di meja atau di sekitar rumah. Bunda juga bisa menggunakan air humidifier untuk melembabkan udara di sekitar.

3. Pijat kelopak mata dengan menggulirkan ujung jari bersih di atasnya dengan lembut. Ini akan mendorong air mata keluar dari kelenjar di kelopak mata.

4. Jaga mata tetap bersih dan bebas dari kotoran dengan mengusap lembut kelopak mata atas dan bawah dengan bantalan kapas yang dibasahi air hangat. Mulailah dari sudut mata dan lanjutkan ke sisi luar.

5. Lindungi mata dari cuaca. Dalam kondisi berangin atau panas, kering, jangan lupa kenakan kacamata hitam.

Semoga lima tips di atas dapat membantu mengatasi mata kering selama kehamilan ya, Bunda.

Simak juga yuk tips mengatasi kulit kering pada ibu hamil, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(aci/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi