sign up SIGN UP search


kehamilan

10 Tips Menjaga Mood Ibu Hamil Tetap Happy, Suami Perlu Tahu

Asri Ediyati Jumat, 11 Sep 2020 18:12 WIB
Pregnant, Human Abdomen, Women, Father, Men caption
Jakarta -

Menjadi ibu hamil adalah pengalaman yang tak terlupakan dalam hidup Bunda. Ada banyak kesan yang terjadi sepanjang 9 bulan Bunda mengandung. Salah satunya mood yang naik turun.

Mood ibu hamil sering naik turun karena adanya perubahan hormon dalam tubuh, Bunda. Selain itu, kondisi fisik ibu hamil yang cepat lelah juga terkadang membuatnya lebih sensitif.

Kenapa sih mood ibu hamil kalau bisa selalu happy? Sebab, jika ada banyak perasaan dan emosi negatif pada ibu hamil, maka akan berdampak pada fisik dan mental ibu hamil.


Perlu diingat, selama hamil, Bunda enggak sendirian. Ada satu orang paling penting yang juga berperan besar dalam menjaga mood yaitu suami.

Nah, supaya mood ibu hamil selalu happy. Ada beberapa tips yang perlu Bunda dan suami tahu. Apa saja tipsnya? Simak ulasannya berikut ya:

1. Selalu terapkan gaya hidup sehat

Gaya hidup berpengaruh pada keseharian, tak terkecuali mood ibu hamil lho! Demikian juga dengan pola makan, semakin Bunda mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi seimbang, Bunda akan memiliki pikiran dan mood yang happy.

2. Jauhi toxic people

Jika Bunda merasa ada toxic people di sekitar, lebih baik jauhi. Berteman atau bahkan hanya berbincang dengan toxic people, bisa membuat ibu hamil sensitif dan mudah stres. Jauhi juga forum-forum kehamilan yang justru menakut-nakuti Bunda.

3. Yoga dan meditasi

Selama bertahun-tahun, yoga dan meditasi terbukti bisa menjaga mood ibu hamil tetap happy. Bunda bisa lakukan yoga melalui tutorial atau ikut kelas online.

4. Menulis jurnal

Senang deh rasanya menghitung hari demi hari hingga bertemu si kecil. Nah, selama 9 bulan kehamilan, ibu hamil juga disarankan nih untuk menulis jurnal. Selain untuk menuangkan perasaan, menulis juga bisa menghilangkan stres dan mengelola emosi.

5. Prenatal massage

Wah, ini sih jangan ditanya ya, Bunda? Ya, prenatal massage bisa membuat ibu hamil relaks dan happy. Pijatan juga bisa menghilangkan pegal dan sakit tubuh selama hamil.

6. Aromaterapi

Aromaterapi bisa membuat mood ibu hamil happy dan tenang. Beberapa minyak esensial memiliki aroma yang menenangkan. Akan tetapi, jika Bunda ingin menggunakan aromaterapi, sebaiknya konsultasikan ke dokter kandungan dulu ya.

7. Habiskan waktu dengan yang tercinta

Selama hamil, Bunda perlu sesekali menghabiskan waktu bersama yang tercinta. Entah itu melakukan quality time bersama suami, si kakak, atau orang tua.

8. Ambil kelas prenatal

Knowledge is power, setuju ya Bunda? Nah, ibu hamil agar mood tetap happy bisa mengambil kelas prenatal untuk mempersiapkan persalinan yang sehat. Biasanya, selama kelas prenatal, Bunda akan termotivasi untuk selalu menjaga kandungan sehat.

9. Manjakan diri

Selain pijat, ibu hamil bisa melakukan beberapa hal untuk memanjakan diri. Perawatan kecantikan yang aman selain pijat adalah manikur dan pedikur, perawatan rambut, dan perawatan facial. Namun, kalau Bunda menggunakan produk-produk kecantikan selama memanjakan diri, pastikan aman untuk ibu hamil ya.

10. Tidur yang cukup

Salah satu kunci agar mood ibu hamil tetap happy adalah tidur yang cukup. Mengutip Healthline Parenthood, waktu tidur yang kurang berkaitan dengan depresi, kenaikan berat badan, dan imunitas tubuh yang kurang baik. Jadi perlu Bunda ingat, bahwa tidur adalah hal yang amat penting bagi ibu hamil.

Semoga 10 tips di atas bisa menjaga mood Bunda tetap happy selama hamil ya!

Simak juga pijatan lembut untuk ibu hamil sebelum melahirkan:

[Gambas:Video Haibunda]



(aci/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi