sign up SIGN UP search


kehamilan

Amankah Ibu Hamil Mengonsumsi atau Memakai Obat Herbal?

Dwi Indah Nurcahyani Jumat, 02 Oct 2020 09:18 WIB
Pola Makan Ibu Hamil caption
Jakarta -

Kemampuan tumbuhan herbal menyembuhkan berbagai penyakit, membuat banyak orang mengandalkannya sebagai obat-obatan. Tetapi kalau sedang hamil bagaimana ya, apakah aman untuk tetap mengonsumsi herbal?

Beberapa ibu hamil memilih obat herbal untuk meredakan ketidaknyamanan umum saat hamil. Serta vitamin alami untuk melengkapi nutrisi penting selama kehamilan.

Banyak yang percaya bahwa herbal seringkali lebih baik, lebih murah, dan lebih sehat. Namun, banyak ahli medis tidak merekomendasikan herbal untuk ibu hamil karena keamanannya belum ditetapkan melalui penelitian ekstensif, seperti dikutip dari laman American Pregnancy.


Tidak seperti obat-obatan yang diresepkan dokter, herbal dan suplemen alami tidak melalui proses pemeriksaan dan evaluasi yang sama oleh FDA. Akibatnya, kualitas dan kekuatan suplemen herbal dapat bervariasi antara dua produk yang sama dan antara produk dari produsen berbeda.

Meskipun diproses dari bahan alami, tidak semua herbal aman dikonsumsi selama kehamilan. FDA menyarankan ibu hamil untuk tidak mengonsumsi produk herbal apa pun tanpa berbicara dengan petugas medis terlebih dahulu.

Seorang ahli gizi, Archana Shah mengatakan ada batasan tentang seberapa banyak herbal yang dapat digunakan saat hamil.

"Pastikan untuk membatasinya per hari ke jumlah yang sehat. Serta, sertakan beberapa herbal tersebut dalam setiap jumlah makanan untuk mendapatkan manfaat yang maksimal," ujarnya seperti dikutip dari Parenting First Cry.

Sebenarnya, banyak tumbuhan yang membantu meringankan masalah umum kehamilan. Misalnya saja eucalyptus bisa menjadi obat yang bagus untuk flu biasa.

Menggunakannya dalam mandi uap memastikan semua pori-pori terbuka dan bersih dari racun. Selain itu, setetes minyak essensial ini di dahi akan membantu meringankan migrain dan sakit kepala.

Ada juga chamomile yakni sejenis teh yang paling terkenal untuk menenangkan kecemasan dan stres. Chamomile dipercaya kaya antioksidan dan memiliki sifat menenangkan. Ini akan membantu ibu hamil mengelola stres dan kecemasan yang dihadapinya.

Tak hanya itu, chamomile juga dapat mengendurkan persendian, punggung bawah, dan otot, dimana kesemuanya berada di bawah tekanan luar biasa selama kehamilan. Dengan mengonsumsinya, akan membantu mengatur tekanan darah dan aliran darah.

Namun, tidak banyak penelitian yang dilakukan guna mendukung peningkatan chamomile selama kehamilan. Karenanya, pastikan mengonsumsi secukupnya saat hamil untuk menghindari potensi risiko yang mungkin muncul.

Nah, agar tetap aman dan terpantau kesehatannya, tidak ada salahnya berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi apa pun selama kehamilan ya, Bunda. Tetap sehat selalu hingga persalinan.

Bunda, simak juga yuk penjelasan mengenai pengobatan alami dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



(rap/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi