sign up SIGN UP search


kehamilan

Tips Mencukupi Nutrisi Ibu Hamil Vegetarian agar Tak Kekurangan Zat Besi

Dwi Indah Nurcahyani Kamis, 29 Oct 2020 08:02 WIB
Healthy organic nutrition. Pregnant millennial woman eating natural vegetable salad in bed, empty space caption
Jakarta -

Menjalani pola makan vegetarian saat tidak hamil tentu sah-sah saja ya, Bunda. Tetapi, kalau sedang hamil yang membutuhkan banyak nutrisi untuk perkembangan janin, apakah masih dibolehkan?

Menurut Dr Shannon M. Clark, juru bicara American College of Obstetricians and Gynecologists, ibu hamil tentu saja masih dapat menjalani sebagai vegetarian.

"Bunda masih bisa mendapatkan semua nutrisi yang dibutuhkan, tetapi mungkin tidak bisa terlalu menyeluruh," ujarnya seperti dikutip dari laman Nytimes.


Sejauh ini, memang belum ada uji coba terkontrol secara acak untuk membuktikan sebab akibat, yang mengamati efek pola makan vegetarian atau vegan pada kehamilan.

Namun, sebuah tinjauan yang diterbitkan di BJPG, jurnal internasional kebidanan dan ginekologi terhadap 22 studi observasi tentang kehamilan vegan dan vegetarian, tidak ditemukan peningkatan cacat lahir utama atau masalah serius lainnya pada keturunan atau ibu.

Dalam makalah tentang diet vegetarian, Academy of Nutrition and Dietetics, mengatakan bahwa pola makan vegetarian menyehatkan dan cukup bergizi untuk wanita hamil selama ada perencanaan yang tepat. Sebab, wanita hamil yang tidak makan daging bisa berisiko kekurangan nutrisi tertentu, terutama zat besi dan vitamin B12.

Zat besi sangat penting karena wanita meningkatkan volume darah selama kehamilan. Dan, kekurangan zat besi dapat menyebabkan anemia, dimana dapat meningkatkan risiko melahirkan bayi dengan berat lahir rendah dan meningkatkan risiko persalinan prematur, kata Dr Clark.

Melansir Whattoexpect, masih banyak kesalahpahaman yang muncul tentang pola makan vegetarian dan vegan selama kehamilan. Sebenarnya, vegetarian dan vegan memiliki kehamilan dan bayi yang sangat sehat.

Beberapa nutrisi untuk bayi yang paling penting lebih mudah ditemukan dalam daging dan produk hewani lainnya. Tetapi, dapat pula ditemukannya pada sumber makanan lain.

Saat menjalani kehamilan sebagai vegetarian, sebaiknya Bunda tidak melupakan asupan nutrisi yang betul-betul dibutuhkan. Diantaranya protein, kalsium, zat besi, vitamin B12, dan vitamin D dimana nutrisi ini harus diperhatikan selama kehamilan.

Sumber protein terbaik untuk dimakan vegan selama kehamilan diantaranya kacang-kacangan, biji-bijian, dan kedelai. Kemudian, Bunda yang menjalani kehamilan sebagai vegetarian juga perlu memenuhi asupan kalsium.

Kebutuhan kalsium yang dapat dimakan vegan selama kehamilan bisa didapatkan dari yogurt, susu, keju, sayuran berdaun hijau, susu kedelai, tahu, jus jeruk, dan lainnya.

Serta, tak kalah penting tentunya memenuhi asupan zat besi. Berhubung vegan tidak mengonsumsi daging yang menjadi sumber tersebut, salah satu cara sederhana yang dapat dijadikan alternatif yakni mengonsumsi suplemen zat besi.

Tetapi, ingat ya, Bunda, pastikan suplemen zat besi tersebut direkomendasikan oleh dokter selain vitamin prenatal yang diberikan setelah minggu ke-20.

Atau, Bunda juga dapat memenuhi sumber zat besi terbaik dari kacang polong, produk kedelai, gandum, biji labu, buah kering, bayam, rumput laut, dan vitamin B12. Meskipun vitamin B12 biasanya ditemukan pada makanan yang berasal dari hewan, Bunda dapat menanyakannya pada dokter Bunda untuk mendapatkan rekomendasi B12 tambahan serta asam folat untuk memastikan perkembangan otak janin dan pembentukan sel darah merah terpenuhi selama kehamilan.

Semoga membantu ya, Bunda!

Bunda, simak juga yuk manfaat daging sapi untuk kesehatan tubuh dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



(rap/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi