sign up SIGN UP search


kehamilan

Bumil, Catat Nih 5 Makanan Enak Tinggi Kandungan Asam Folat

Dwi Indah Nurcahyani Senin, 09 Nov 2020 10:35 WIB
A young beautiful pregnant woman eating a fresh green salad. Healthy nutrition and pregnancy. Pregnant woman's standing in the kitchen with vegetable salad. Healthy lifestyle. caption

Jakarta - Kebutuhan asam folat saat hamil sangat penting diperhatikan. Itu sebabnya , sejak sebelum hamil para Bunda disarankan untuk mengonsumsi makanan maupun suplemen asam folat.

Ya, Bunda dapat memenuhinya melalui asupan alami yang mengandung asam folat ataupun mengonsumsi vitamin asam folat.

Folat diketahui memainkan peranan penting sepanjang hidup. Setiap proses biologis yang melibatkan pertumbuhan cepat (perkembangan janin, fungsi kekebalan, dan kanker) berpotensi dipengaruhi oleh status folat seseorang.


Keberadaan folat yang tidak mencukupi dapat berdampak buruk pada kehamilan, di mana menyebabkan cacat lahir. Bahkan, sebelum Bunda mengetahui hamil, folat sudah bekerja, sehingga sangatlah penting untuk memasuki kehamilan dengan tingkat folat yang cukup, seperti dikutip dari laman Drfuhrman.

"Selama empat minggu awal kehamilan, folat memainkan peran penting dalam pelipatan tabung saraf yang merupakan prekusor otak dan sistem saraf pusat. Pada janin yang kekurangan folat, tuba mungkin tidak menutup sepenuhnya selama melipat, di mana menyebabkan cacat tuba saraf,"ujar Dr Joel Fuhrman, M.D, seorang dokter dan ahli nutrisi di New York.

Nah, mengonsumsi makanan kaya folat sebelum dan selama kehamilan juga dapat memberikan perlindungan melawan cacat lahir jantung, penyakit pernapasan masa kanak-kanak, dan kanker anak-anak.

Folat juga diperlukan setelah kehamilan dan masa kanak-kanak, karena vitamin ini berperan penting dalam mendukung kesehatan. Bunda pun dapat memenuhinya dalam asupan alami sebagai menu harian di rumah.

Berikut ini beberapa makanan enak yang mengandung asam folat, seperti dikutip dari laman Healthline.

1. Kacang-kacangan

Berbagai jenis kacang-kacangan memiliki jumlah asam folat yang bervariasi. Tetapi, makanan ini merupakan sumber asam folat yang sangat baik.

2. Asparagus

Asparagus juga kaya antioksidan dan telah terbukti memiliki sifat anti-inflamasi dan anti-bakteri. Terlebih, makanan ini merupakan sumber serat yang sehat untuk jantung. Selain itu, asparagus juga tinggi serat dan mengandung asam folat dalam jumlah yang baik.

3. Telur

Menambahkan telur dalam makanan sehari-hari menjadi cara yang baik untuk meningkatkan asupan penting, termasuk asam folat.

4. Sayuran berdaun hijau

Penuhi kebutuhan sayuran berdaun hijau dari bayam, kangkung, dan sayuran hijau lainnya yang kaya akan vitamin, mineral, serta asam folat.

5. Bit

Selain memberikan warna pada hidangan Bunda, buah bit kaya dengan nutrisi penting. Selain mengandung mangan, kalium, dan vitamin C, buah ini juga mengandung asam folat yang tinggi.

Jadi, jangan lupakan makanan yang mengandung asam folat seperti deretan makanan di atas ya, Bunda. Selain membuat tubuh tetap fit, makanan yang mengandung asam folat tentunya akan membantu Bunda serta janin sehat selalu.

 

Bunda, simak juga yuk penyebab tangan dan kaki bengkak saat hamil, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(rap/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi