sign up SIGN UP search


kehamilan

Kenali Penyebab & Efek Histerektomi, Pengangkatan Rahim pada Wanita

Dr. dr. Suskhan Djusad, Sp.OG (K) Selasa, 24 Nov 2020 13:41 WIB
Prosedur dan Dampak
Gynecologist showing a picture with uterus to a young woman patient, explaining the features of women's health caption

Jenis prosedur histerektomi

Prosedur histerektomi terbagi menjadi tiga jenis yaitu radikal, total, dan subtotal. Ketiganya dibedakan berdasarkan jumlah organ reproduksi yang diangkat.

- Prosedur histerektomi radikal

Apabila seorang wanita menjalani prosedur histerektomi radikal, maka seluruh organ sistem reproduksi, termasuk, rahim dan serviks, tuba falopi, ovarium, bagian atas vagina, jaringan lemak, dan kelenjar getah bening di sekitar rahim akan diangkat.

- Prosedur histerektomi total

Jika wanita menjalani prosedur histerektomi total, maka semua bagian rahim diangkat. Termasuk pengangkatan porsio atau mulut rahim.


- Prosedur histerektomi subtotal

Sementara, jika menjalani prosedur histerektomi subtotal, mulut rahim tidak diangkat sehingga tidak mengganggu serviks.

Masing-masing prosedur histerektomi memiliki kelebihan dan kekurangan. Jika wanita telah menjalani prosedur radikal dan total, maka tidak perlu melakukan tes PAP Smear (tes untuk deteksi kanker serviks) lagi.

Sedangkan kelebihan prosedur subtotal, yaitu wanita masih bisa merasa nyaman untuk berhubungan seksual karena masih adanya mulut rahim. Namun, masih perlu dilakukan tes PAP Smear secara rutin.

Dampak histerektomi

Dampak histerektomi yang paling utama, jelas, wanita tidak bisa hamil lagi. Kemudian dampak lainnya adalah wanita tidak akan lagi bisa mengalami menstruasi. Hal ini terjadi jika ovarium juga diangkat dalam prosedur histerektomi radikal, wanita langsung mengalami menopause.

Histerektomi akan sangat berpengaruh pada kehidupan seksual wanita. Biasanya, akan muncul rasa sakit karena tidak ada lagi produksi pelumas atau lendir yang keluar dari vagina. Namun, ini sebenarnya bisa diatasi dengan adanya kelenjar bartholin yang bisa membasahi dinding vagina.

Pencegahan Histerektomi
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi