sign up SIGN UP search


kehamilan

14 Tanda Awal Kehamilan 1 Minggu Ini Jarang Disadari Para Wanita

Inkana Putri Selasa, 05 Jan 2021 15:12 WIB
Tanda kehamilan lainnya
ilustrasi hamil caption

8. Ngidam

Saat hamil, banyak wanita yang sering sekali ngidam makanan tertentu. Dr. Goist mengatakan tubuh yang kelelahan saat hamil menyebabkan kebutuhan karbohidrat ikut meningkat sehingga wanita hamil sering merasa ngidam makanan atau merasa lapar.

9. Sakit kepala

Peningkatan volume darah dapat memicu munculnya sakit kepala ringan pada minggu pertama kehamilan. Sakit kepala ini juga dapat terjadi jika Bunda tidak minum cukup cairan atau mengalami anemia. Namun, sakit kepala biasanya hanya muncul di awal-awal kehamilan saja.

10. Sembelit

Hormon progesteron juga menjadi penyebab masalah buang air karena jalur pencernaan melambat dan memungkinkan makanan tidak bisa lewat dengan cepat. Gejala awal ini dapat semakin meningkat seiring perkembangan kehamilan Bunda.


11. Moody

Sebelum haid atau bahkan haid, wanita tentu sering merasakan adanya perubahan suasana hati. Selain munculnya beragam kombinasi dari sakit kepala, kembung, sembelit, dan nyeri payudara, meningkatnya hormon hCG juga membuat Bunda merasa lelah. Akibatnya, Bunda bisa mendadak moody seketika.

12. Perubahan suhu basal

Suhu basal tubuh atau suhu tubuh saat di pagi hari dapat menunjukkan waktu Bunda sedang berovulasi. Dalam hal ini, suhu basal akan tetap tinggi saat terjadi kehamilan. Untuk mengukur suhu basal, Bunda bisa menggunakan termometer basal digital khusus sehingga hasilnya lebih akurat.

13. Gangguan hidung

Hidung berdarah, hidung tersumbat, dan postnasal drip sering terjadi saat kehamilan. Peningkatan volume darah memberi lebih banyak tekanan pada pembuluh halus seperti yang ada di hidung. Selain itu, hormone estrogen juga berdampak terhadap membesarnya pembuluh darah, yang berkontribusi pada pembengkakan selaput lendir di hidung.

14. Perubahan warna puting

Ciri-ciri kehamilan satu minggu juga bisa ditandai dengan perubahan pada tubuh seperti halnya warna puting yang menjadi gelap. Hal ini mengingat hormon kehamilan juga mempengaruhi aktivitas melanosit, atau sel warna pada puting. Namun, jika Bunda memiliki puting yang berwarna gelap, tanda ini akan terlihat dalam waktu 10 minggu atau lebih pada masa kehamilan.

Itulah 14 tanda awal kehamilan di satu minggu pertama. Pada masa kehamilan awal, ada baiknya Bunda mempersiapkan tubuh untuk mengandung si kecil, yakni dengan menjaga berat badan, menghindari kebiasaan buruk seperti merokok, minum alkohol, atau mengonsumsi kafein.

(som/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi