sign up SIGN UP search


kehamilan

Hambat Kehamilan, Ini Penyebab Sperma Tak Masuk Ke Indung Telur

Dwi Indah Nurcahyani Selasa, 09 Feb 2021 07:03 WIB
Ilustrasi suami istri caption

Jalan menuju kehamilan memang tidak selalu mulus bagi setiap pasangan. Berbagai faktor bisa menjadi pemicunya termasuk di antaranya usia, hormon, dan kesehatan sistem reproduksi dimana dapat menjadi penghambat kehamilan.

Meraih kehamilan sedianya memang tidak bertumpu pada satu orang semata tetapi sinergi dari kedua pasangan. Faktor kesuburan dan kesehatan organ reproduksi dari masing-masing pasangan juga dapat berkontribusi penting dalam mendapatkan kehamilan.

Seringkali, salah satu atau bahkan kedua pasangan memiliki faktor yang menurunkan kesuburan. Dan terkadang, penyebabnya memang tidak diketahui. Kondisi ini memang tidak mudah dilalui. Biasanya, satu sama lain merasa bersalah atau bahkan saling menyalahkan ketika mengalami kesulitan untuk hamil.


Ya, berbagai hambatan memang dapat menjadi kendala pasangan untuk hamil. Termasuk di antaranya ketika sperma tidak dengan mulus bertemu dengan sel telur sehingga proses reproduksi tidak terjadi dengan sempurna, seperti dikutip dari laman Mayo Clinic.

Sedianya, sperma yang berenang ke serviks melalui rahim dan masuk ke tuba falopi dan mencapai sel telur maka terjadilah pembuahan. Sayangnya, perjalanan tersebut tak selalu mulus. Pada sebagian wanita, sejumlah faktor dapat mengganggu proses ini di setiap langkah. 

Menurut Sarah Robertson, seorang profesor dari University Robinson Institute tampaknya beberapa sperma seringkali gagal berkomunikasi dengan saluran reproduksi wanita sementara pria tampak subur tetapi air maninya dapat ditolak oleh wanita jika tidak cocok dengannya. Ini lebih mungkin terjadi jika seorang wanita sebelumnya tidak pernah terpapar spermanya selama jangka waktu tertentu.

"Kami dulu berpikir bahwa jika pasangan tidak bisa hamil, dan tes air mani pria itu normal, masalahnya ada pada wanitanya. Tetapi tampaknya tidak selalu demikian," kata Profesor Robertson, seperti dikutip dari laman Adelaide.edu.

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Banner Melly Goeslaw Sukses DietFoto: Mia Kurnia Sari
Penyebab Sperma Tak Masuk Ke Indung Telur
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi