sign up SIGN UP search


kehamilan

Penyebab Pica Saat Hamil, Ngidam Aneh Selain Makanan

Muhayati Faridatun Rabu, 03 Feb 2021 12:51 WIB
Female patient in emergency room experiencing pain in pregnancy caption
Jakarta -

Bunda pernah mendengar ibu hamil ngidam makan kapur tulis atau ngemil bedak bayi? Inilah yang dinamakan pica atau kelainan makan. Kondisi ini memang bisa dialami selama kehamilan.

Dijelaskan Rita Ramayulis, DCN, M.Kes., dan rekannya dalam buku Menu dan Resep untuk Ibu Hamil, pica adalah suatu dorongan yang terjadi secara terus menerus, berulang, dan gigih, untuk mengonsumsi makanan yang tidak seharusnya dimakan, serta tak mengandung nilai gizi.

"Implikasi gizi pada ibu hamil dengan pica adalah kemungkinan mengalami defisiensi zat besi, penurunan asupan makanan yang bergizi," tulis Rita.


Nah, mengidam atau makan sesuatu yang bukan makanan ini bisa dialami siapa saja, Bunda. Tak hanya ibu hamil, tapi pica lebih sering terjadi saat kehamilan. Demikian penjelasan yang dikutip dari Healthline. Lalu, kenapa sih ibu hamil mengalami pica?

Seseorang bisa didiagnosis pica jika terus-menerus makan selain makanan, setidaknya selama satu bulan. Ini juga sebagai tanda ada sesuatu di tubuh Bunda yang tak seimbang.

Beberapa penelitian membuktikan, pica mungkin berhubungan dengan anemia, termasuk anemia defisiensi zat besi. Ini bisa dialami ibu hamil di semua fase kehamilan, tapi sering kali muncul saat trimester pertama.

'Makanan aneh' yang biasanya bikin ibu hamil ngidam antara lain es batu, kertas, tanah liat, sabun mandi, kapur tulis, bedak bayi, abu, beras, rambut, lem, hingga batu kerikil. Hmmm, memang aneh banget sih. Bunda pernah mengalami pica saat hamil?

Kalau mengidap pica, biasanya ibu hamil masih mau makan makanan biasa. Pica ini juga bisa ngidam satu atau beberapa 'makanan aneh' tadi. Yuk, Bunda kenali beberapa istilah ngidam aneh tersebut:

- Ngidam makan es disebut pagophagia
- Ngidam tanah atau kerikil disebut geophagia
- Ngidam beras atau biji-bijian mentah disebut amylophagia

Lantas, apa sih penyebab seseorang terutama ibu hamil mengalami pica? Penjelasan selengkapnya klik BACA HALAMAN BERIKUTNYA. Oya, ada hadiah menarik menanti Bunda lho!

Banner Skandal TWOTM SulutFoto: HaiBunda/ Mia Kurnia Sari
Penyebab ibu hamil mengalami pica atau ngidam aneh
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi