sign up SIGN UP search


kehamilan

Ibu Hamil Ngidam Makan Kerang, Aman Enggak Ya?

Asri Ediyati Sabtu, 12 Sep 2020 15:21 WIB
Close-up of woman eating mussel caption
Jakarta -

Ibu hamil tentu menjaga dan memperhatikan betul makanan yang ia konsumsi. Banyak jenis makanan yang berada di daftar pertanyaan ibu hamil, salah satunya kerang.

Ya, bagaimana para penggemar seafood tak menginginkannya. Kerang memiliki citarasa yang lembut, dan kaya nutrisi. Ada banyak hal yang disukai dari kerang.

Jadi, kerang aman dikonsumsi atau enggak nih? Mengutip dari SFGate Healthy Eating, kabar baiknya adalah kadar merkuri dalam kerang-kerangan seperti kerang, tiram sangat rendah. Ini membuat kerang aman untuk Bunda makan selama kehamilan sebagai bagian dari diet sehat.


Nah, untuk menikmatinya kerang harus dimasak sampai matang. Kerang mentah mungkin mengandung bakteri yang berbahaya bagi Bunda dan bayi yang belum lahir. Untuk alasan ini, penting untuk memastikan bahwa Bunda hanya makan kerang segar yang dimasak dengan baik.

Dilansir Hello Motherhood, ciri-ciri kerang segar saat cangkangnya tertutup rapat saat masih hidup. Namun, cangkang kerang akan terbuka saat dimasak. Hindari makan kerang mati dengan cangkang yang tampak terbuka sebelum dimasak.

Saat mengukus atau merebus kerang, pastikan Bunda mengukus atau merebusnya dengan api sedang-besar setidaknya selama lima menit sampai kerang terbuka.

Lagi-lagi perlu Bunda ingat, yang berlebihan itu tidak baik. Meskipun kerang mengandung merkuri yang sangat rendah, Bunda tetap perlu membatasi asupannya. Bunda disarankan untuk mengonsumsi dua hingga tiga porsi ikan atau kerang rendah merkuri per minggu.

Kemudian, jika Bunda memilih untuk memiliki kerang, masukkan ke dalam total jatah ikan dan kerang selama seminggu untuk memastikan Bunda tetap berada dalam kisaran yang aman. Ingat bahwa hampir semua ikan dan kerang mengandung jejak merkuri walau sedikit.

Jadi penting untuk melindungi bayi yang sedang tumbuh dari paparan merkuri yang tidak aman. Semoga informasinya dapat membantu ya, Bunda.

Simak juga penjelasan dokter soal ibu hamil yang ngidam makan nanas:

[Gambas:Video Haibunda]



(aci/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi