sign up SIGN UP search


kehamilan

Bunda, Ini 7 Cara Ayah Menjalin Ikatan dengan Calon Bayi

Rahmi Sarifa Selasa, 16 Feb 2021 13:38 WIB
Future parents. Happy expecting couple hugging and smiling while standing near the window at home, free space caption

Bunda, bagaimana reaksi Ayah ketika mengetahui kabar kehamilan Bunda? Pastinya bahagia dan emosional ya.

Bagi calon ayah biasanya memang biasanya masih belum aware akan segera memiliki anak di awal-awal kehamilan istri. Hal ini karena tak begitu tampak banyak perubahan terjadi pada pasangan.

Namun biasanya selain rasa gembira, awalnya calon ayah juga akan mengalami rasa takut dan khawatir tentang bagaimana kelahiran anak kelak akan memengaruhi hidupnya. Misalnya kemungkinan masalah keuangan yang akan timbul dengan kehadiran Si Kecil kelak.


Ayah juga akan cenderung merasa kurang memegang kendali terhadap beberapa hal. Bahkan merasa seperti orang asing ketika sang istri hamil. Sebab, umumnya teman-teman wanita Bunda lah yang akan lebih banyak ikut campur dalam masalah kehamilan Bunda. Jika hal ini terjadi, Ayah sebaiknya mulai ambil inisiatif ya.

Misalnya Ayah bisa berbagi pengalaman sebagai calon ayah baru dengan ayah lainnya. Kemudian Ayah juga bisa mencari tahu informasi sebanyak mungkin tentang kehamilan sehingga dapat mengetahui apa yang sedang terjadi dalam tubuh Bunda.

Mengutip buku Hamil Tanpa Galau, begini cara melibatkan suami Bunda dalam kehamilan:

1. Ajak ke dokter bersama

Bunda bisa lho mengajak Ayah untuk menemani kontrol rutin ke dokter kandungan. Jangan lupa, dorong Ayah untuk lebih aktif bertanya kepada dokter ya.

2. Keputusan bersama

Saat sudah berumah tangga hal paling penting adalah menyingkirkan ego masing-masing ya, Bunda. Terutama saat hamil, ada baiknya Bunda dan Ayah memutuskan hal-hal terkait kehamilan. Mulai dari memilih dokter kandungan, rencana persalinan, hingga biaya rumah sakit.

3. Komunikasikan perasaan

Ayah bukan orang hebat yang bisa membaca telepati, Bunda. Kalau Bunda merasa ada yang mengganjal atau hal-hal yang dikeluhkan jangan sungkan untuk mengomunikasikan hal tersebut pada suami ya.

4. Cari informasi tentang kehamilan bersama

Bunda mungkin lebih rajin membaca buku-buku kehamilan ketimbang Ayah. Namun tak ada salahnya Bunda mengajak Ayah untuk sama-sama memperkaya informasi tentang kehamilan. Jika informasi di buku dan di web saja tak cukup, Bunda dan Ayah bisa bertanya kepada dokter saat kontrol.

5. Ubah pola hidup

Bunda juga biasanya akan lebih memperhatikan gaya hidup dan pola makan saat hamil. Nah di sinilah dukungan suami diperlukan. Ayah bisa kok ikut menemani Bunda mengubah pola hidup lebih sehat. Dengan demikian Bunda lebih semangat.

Selain itu Ayah juga bisa lho mulai menjalin ikatan dengan Si Kecil meski masih di dalam kandungan. Yuk simak informasinya di halaman berikut.

Bunda, simak juga yuk pijatan lembut yang bisa dilakukan sebelum melahirkan, dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]

Banner Tanaman Hias Alokasia

CARA MENJALIN IKATAN DENGAN BAYI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi