sign up SIGN UP search


kehamilan

Keputihan Ternyata Ciri-Ciri Kehamilan Sehat, Bun! Cek Ciri Lainnya Yuk

Dwi Indah Nurcahyani Selasa, 30 Mar 2021 15:07 WIB
Ibu hamil caption

Menerapkan pola hidup sehat sebaiknya dilakukan semenjak masa persiapan kehamilan. Baik Bunda maupun Ayah harus sama-sama berkomitmen menjalankannya, agar tercipta kondisi yang ideal untuk menyambut calon janin.

Memiliki kehamilan yang sehat menjadi bagian terpenting dalam perjalanan Bunda mengandung selama kurang lebih sembilan bulan. Sebab, Bunda dan calon bayi akan sama-sama membutuhkan hal ini untuk dapat melewati persalinan dengan lancar nantinya. 

Melansir Parents, pada kehamilan sehat biasanya tubuh akan memberikan tanda-tanda alamiah. Misalnya saja dengan memperlihatkan adanya peningkatan keputihan. Kondisi ini mungkin tidak nyaman ya, Bunda. Tetapi, tidak berarti bahaya. Hal ini seringkali terjadi dikarenakan adanya peningkatan estrogen, Bunda. 


Adanya peningkatan keputihan menandakan kehamilan yang sehat karena cairan ekstra ini diduga membantu membersihkan vagina dan bahkan mencegah infeksi masuk ke dalam rahim. Selain peningkatan keputihan, ciri-ciri kehamilan sehat juga ditandai dengan kehadiran morning sickness.

Banner Pria Palestina Nikahi MUA Malang

Kondisi ini normal dialami Bunda hamil ya, Bun. Penelitian bahkan menunjukkan bahwa calon Bunda yang mengalami mual di pagi hari lebih kecil kemungkinannya untuk mengalami keguguran atau melahirkan secara prematur dan bayi Bunda akan memiliki lebih sedikit cacat lahir dan bahkan mungkin tampil lebih baik pada tes IQ.

Meskipun demikian, ada pula sebagian Bunda yang tidak mengalami morning sickness, namun tidak mengalami juga bukan berarti tidak sehat ya, Bunda.

Oh ya, Bunda mungkin juga merasakan adanya rasa sakit pada payudara dan ukurannya yang semakin membesar. Nah, kondisi ini menjadi ciri-ciri kehamilan sehat juga lho, Bunda. Sebab, peningkatan kadar estrogen dan progesteron memicu dada terasa berat dan sakit. Tetapi, ini menjadi indikasi bahwa tubuh Bunda beradaptasi dengan baik dengan kehamilan.

Klik halaman selanjutnya ya.

Bunda bingung menghitung usia kandungan? Cari tahu jawabnya di video ini:

[Gambas:Video Haibunda]

TANDA KEHAMILAN SEHAT
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi