sign up SIGN UP search

kehamilan

Rajin Olahraga Saat Hamil Cegah Diabetes dan Masalah Kesehatan Serius pada Anak

Annisa Karnesyia Minggu, 28 Mar 2021 07:00 WIB
Ibu hamil olahraga caption
Jakarta -

Rajin olahraga memang bisa memberikan manfaat luar biasa bagi kesehatan. Tak terkecuali bagi Bunda yang lagi hamil nih.

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa olahraga saat hamil bisa mencegah masalah kesehatan serius pada anak ketika dewasa, Bunda. Peneliti dari University of Virginia melaporkan, olahraga selama kehamilan dapat secara signifikan mengurangi kemungkinan anak terkena diabetes dan penyakit metabolik lainnya selama bertahun-tahun.

Tim peneliti melalui serangkaian eksperimen untuk mendapatkan hasil ini. Mereka percaya bahwa olahraga yang teratur mungkin menjadi saran umum yang akan diberikan dokter pada ibu hamil suatu hari nanti.


Banner Susuk Suami

"Sebagian besar penyakit kronis yang kita bicarakan saat ini diketahui berasal dari janin. Artinya, kondisi kesehatan orang tua yang buruk sebelum dan selama kehamilan memiliki konsekuensi negatif bagi anak, berpotensi terjadi melalui modifikasi kimiawi gen," kata peneliti Zhen Yan, PhD, dikutip dari Study Finds.

Dalam studi ini, para peneliti mengajukan pertanyaan tentang bagaimana seorang wanita yang mengalami obesitas hanya berolahraga selama hamil. Mereka juga mencari jawaban tentang kondisi sang suami yang obesitas.

Mereka menemukan bahwa Bunda dengan obesitas dapat menularkan masalah kesehatan ini pada anak-anaknya. Penelitian sebelumnya juga telah menemukan bahwa berolahraga saat hamil bisa membuat bayi sehat hingga lahir. Namun, masih belum jelas apakah olahraga berdampak pada perkembangan kesehatan seumur hidup anak.

Tim peneliti melakukan eksperimen ini pada tikus. Mereka mendapati bahwa bayi laki-laki lahir dari ibu yang bergerak dan obesitas, berisiko mengalami diabetes dan masalah metabolisme saat dewasa.

Lebih lanjut, studi yang dipublikasikan dalam Journal of Applied Physiology ini juga menemukan bahwa tingkat kebugaran selama kehamilan dapat memengaruhi gen buah hati. Seperti apa penjelasannya?

Baca halaman selanjutnya ya.

Simak juga tips makan bagi ibu hamil yang obesitas, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

TINGKAT KEBUGARAN PENGARUHI GEN ANAK
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!