sign up SIGN UP search


kehamilan

Bebi Slivana Hamil, Ini Doa Opick untuk Janin yang Dikandung Sang Istri

Annisa Afani Minggu, 02 May 2021 10:06 WIB
MEROKOK HINGGA BERSIHKAN HEWAN PELIHARAAN
Front view of cropped long hair brunet caucasian pregnant woman, sitting in crossed legs, in yoga pose, in bed at home, holding her belly with hand. Maternity, pregnancy, new life. caption

6. Merokok dan menghirup asap rokok

Merokok sangat buruk bagi kesehatan Bunda dan Si Kecil, sama halnya dengan menghisap asap rokok. Hal ini mengingat ada sekitar 4.000 bahan kimia dalam perokok pasif, dan beberapa di antaranya berisiko menyebabkan kanker.

Paparan asap rokok orang lain selama kehamilan juga berdampak terhadap kesehatan janin. Bahkan, hal tersebut juga meningkatkan risiko keguguran, kelahiran prematur, sindrom kematian bayi mendadak, dan kelainan bawaan.

7. Angkat barang-barang berat

Menurut American Pregnancy Association, wanita hamil harus menghindari angkat beban yang terlalu berat. Bagi sebagian wanita, mengangkat benda berat dapat meningkatkan risiko terhadap kondisi tubuhnya seperti hernia atau otot tertarik. Tak hanya itu saja Bunda, hal ini juga bisa menyebabkan persalinan prematur hingga berat badan bayi rendah saat lahir.


8. Berdiri dan duduk terlalu lama

Selama kehamilan, duduk atau berdiri dalam jangka waktu yang lama ternyata bisa menjadi masalah. Bahkan, dua hal ini dapat menyebabkan masalah lain seperti pergelangan kaki bengkak dan masalah vena. Jadi, sebaiknya Bunda beri jeda untuk bergerak setelah duduk atau berdiri. Atau, Bunda juga bisa sering beristirahat sejenak beberapa saat.

9. Minum alkohol

Menerapkan pola hidup sehat selama hamil adalah kunci menjaga kesehatan diri sendiri dan Si Kecil. Salah satunya yaitu dengan menghindari minuman beralkohol seperti anggur, bir, atau minuman keras lainnya.

Alkohol bisa mengalir cepat dari aliran darah Bunda melalui plasenta dan tali pusat ke bayi. Ini tentunya dapat membahayakan perkembangan otak dan organ bayi. Selain itu, mengonsumsi alkohol juga berisiko potensial menyebabkan kelahiran prematur, kerusakan otak, cacat lahir, keguguran, dan kelahiran mati.

10. Konsumsi obat-obatan tertentu

Selama hamil mungkin dokter memberi Bunda beberapa obat atau suplemen tertentu. Tapi, Bunda juga perlu tahu bahwa ada obat yang bisa membahayakan janin. Saat hamil, dokter menyarankan untuk menghindari obat-obatan seperti ibuprofen, obat-obatan herbal dalam jumlah banyak, obat flu dan obat jerawat dengan kandungan tertentu.

11. Membersihkan kotoran hewan peliharaan

Jika Bunda memelihara hewan, sebaiknya hindari mengganti dan membersihkan kotak kotoran karena dapat berisiko terkena toksoplasmosis.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), jika seorang wanita hamil menularkan toksoplasmosis ke janin, bayi dapat mengalami gejala yang parah, termasuk kebutaan, cacat intelektual, kerusakan otak, hingga kerusakan mata.

(AFN/som)
HALAMAN :
ARTIKEL SELANJUTNYA
Share yuk, Bun!

Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!