sign up SIGN UP search


kehamilan

Preeklampsia Bisa Dicegah, Kenali 8 Faktor Risikonya Bun

Annisa Karnesyia Rabu, 26 May 2021 16:35 WIB
Kehamilan caption
Jakarta -

Preklampsia dapat terjadi selama kehamilan, Bunda. Kondisi ini menjadi salah satu penyebab kematian ibu yang perlu diwaspadai.

Menurut dokter obgyn dan anggota Himpunan Kedokteran Fetomaternal Surabaya, Dr. Manggala Pasca Wardhana, SpOG(K)-KFM, satu dari sepuluh bumil mengalami preeklampsia. Di dunia, data menunjukkan lebih dari 10 juga wanita dapat mengembangkan kondisi ini.

Di ASEAN, Indonesia sendiri menempati dua teratas dari data kasus angka kematian ibu pada tahun 2015. Salah satu penyebab paling banyak adalah preeklampsia.


"Dari angka ini, diproyeksikan ibu hamil yang meninggal mencapai 14.640 per tahun. Sepertiga penyebabnya karena preeklamspia," kata Manggala, dalam acara Media Edukasi Mengenai Preeklampsia pada Ibu Hamil oleh Himpunan Kedokteran Fetomaternal Surabaya, via Zoom, belum lama ini.

Banner YouTuber Tampan Semarang

Preeklampsia sendiri merupakan komplikasi kehamilan yang ditandai dengan tekanan darah tinggi atau hipertensi dan bisa memengaruhi sistem organ. Kondisi ini sering dikenal dengan sebutan 'keracunan kehamilan'.

Dalam kesempatan yang sama, Dr. Nareswari I. Cininta mengatakan bahwa preeklampsia bisa dicegah apabila Bunda mengenal faktor risiko, lali melakukan pemeriksaan USG Doppler aliran darah. Setelah diketahui memiliki gejala, dokter biasanya akan memberikan obat aspirin, Bunda.

"Studi menemukan bahwa aspirin ini bisa menurunkan angka kejadian preeklampsia hingga 17 persen, sehingga mencegah kelahiran prematur dan pertumbuhan janin yang terhambat," ujar wanita yang akrab disapa Ninta ini.

Berkaitan dengan faktor risikonya, Bunda bisa mengenalinya dari sekarang ya. Faktor risiko ini dibagi menjadi sedang dan tinggi. Berikut penjelasan lengkapnya:

Faktor risiko sedang

1. Usia di atas 40 tahun

Wanita yang hamil di atas usia 40 tahun 2 kali berisiko mengalami preeklampsia dibandingkan wanita yang hamil di bawah usia 40 tahun.

Baca halaman berikutnya untuk tahu faktor risiko preeklampsia ya, Bunda.

Simak juga tips mudah atasi kaki bengkak pada ibu hamil, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

FAKTOR RISIKO SEDANG: OBESITAS
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi