sign up SIGN UP search


kehamilan

Imunisasi TT untuk Ibu Hamil, Kapan Perlu Diberikan?

Annisa Karnesyia Kamis, 17 Jun 2021 13:35 WIB
Vaksin Covid-19 caption
Jakarta -

Tak cuma anak-anak, Bunda yang lagi hamil juga bisa mendapatkan imunisasi agar terhindari dari sakit. Salah satunya adalah imunisasi TT (Tetanus Toksoid).

Imunisasi ini diberikan dengan cara suntik untuk mencegah Bunda dan buah hari terkena infeksi tetanus. Seperti kita tahu, tetanus bisa berakibat fatal dan berisiko menyebabkan kematian bayi baru lahir.

American College of Obstetricians and Gynecologists (ACOG) menyatakan bahwa imunisasi TT aman diberikan pada Bunda hamil. ACOG juga merekomendasikan pemberian imunisasi ini di usia kehamilan 27 sampai 36 minggu.


Selama kehamilan, Bunda perlu konsultasi ke dokter untuk mengetahui pemberian imunisasi ini ya. Ada kondisi di mana Bunda bisa mendapatkan imunisasi ini lewat atau kurang dari usia kehamilan yang direkomendasikan. Misalnya, terjadi luka, wabah pertusis, atau kejadian luar biasa (KLB) lain.

Menurut Dr.dr.H.Imam Rasjidi, SpOG (K) Onk, dalam buku Panduan Kehamilan Muslimah, pemberian suntik TT pertama dapat diberikan sejak Bunda positif hamil. Berikut jadwal imunisasi TT:

1. Dosis pertama (TT1) diberikan secepatnya pada masa kehamilan.

2. TT2 diberikan 4 minggu setelah TT1. Lama perlindungan selama tiga tahun dan 80 persen.

3. TT3 diberikan 6 bulan setelah TT2. Lama perlindungan 5 tahun dan 95 persen.

4. TT4 diberikan 1 tahun setelah TT3. Lama perlindungan 10 tahun dan 99 persen.

5. TT5 diberikan 1 tahun setelah TT4, durasi perlindungan 25 tahun atau seumur hidup dan 99 persen.

Efek samping imunisasi TT

Mengutip WebMD, imunisasi pada masa kehamilan dapat menimbulkan efek samping, Bunda. Efek ini dapat terjadi hingga tiga minggu setelah imunisasi.

Jika Bunda mengalami efek samping yang parah dan khawatir dengan kondisi janin, maka segera ke dokter ya. Untuk imunisasi TT, efek samping yang bisa dirasakan adalah demam ringan serta nyeri dan bengkak di area tempat suntikan.

Selain pada masa kehamilan, imunisasi TT juga dapat diberikan saat Bunda mempersiapkan kehamilan lho. Baca halaman berikutnya ya.

Simak juga ciri hamil dilihat dari perubahan kulit, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

IMUNISASI TT UNTUK PERSIAPAN KEHAMILAN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi