sign up SIGN UP search


kehamilan

3 Manfaat Buah Salak untuk Ibu Hamil, Salah Satunya Cegah Wasir

Dwi Indah Nurcahyani Sabtu, 19 Jun 2021 15:06 WIB
Salak fruit is a tropical fruit native from Java island, Indonesia caption

Jakarta - Mengonsumsi sayur dan buah-buahan selama kehamilan sangatlah direkomendasikan. Bunda pun dapat memilih berbagai buah dan sayur untuk dikonsumsi.

Salah satu buah yang kaya manfaat dan bisa Bunda konsumsi selama kehamilan yakni salak. Ya, salak diketahui memiliki deretan manfaat sehat yang bisa menambah nutrisi selama kehamilan. 

Menurut ahli diet, Julia Samuel, M.Phil, manfaat buah salak sangatlah beragam. Apalagi, salak mengandung nutrisi penting seperti vitamin dan mineral.


"Buah salak mengandung banyak nutrisi bermanfaat yang sangat baik untuk kesehatan Bunda secara keseluruhan,"ujarnya seperti dikutip dari laman Medindia.

Berikut beberapa manfaat salak untuk tubuh:

Bunda yang ingin makan buah salak tak perlu ragu, karena bisa mendapatkan manfaat berikut:

Rumah Mewah Bocah Madura di ArabRumah Mewah Bocah Madura di Arab/ Foto: Mia Kurnia Sari

1. Meningkatkan daya ingat

Julia memaparkan beberapa manfaat kesehatan dari salak di antaranya dapat menjadi penguat memori yang hebat. Ini dikarenakan salak sarat dengan nilai gizi tinggi. Salak diketahui mengandung potasium dan pektin dalam jumlah tinggi. Kedua senyawa ini meningkatkan fungsi kognitif tubuh dan meningkatkan daya ingat. 

2. Menjaga kesehatan mata

Selain itu, salak juga diketahui baik untuk kesehatan mata. Buah salak kaya akan beta karoten di mana bagus untuk kesehatan mata. Saat Bunda bosan mengonsumsi jus wortel dalam upaya kesehatan mata, bisa menggantinya dengan mengonsumsi jus salak sebagai cara terbaik dalam mendapatkan jumlah beta karoten yang dibutuhkan.

3. Tinggi antioksidan

Oh ya, Bunda, salak juga dianggap sebagai buah padat nutrisi yang meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Antioksidan dalam salak dapat mencegah dan mengurangi risiko pembentukan wasir. 

Melansir dari laman Health Benefits Fruit, salak juga dapat bermanfaat sebagai obat anti diare. Tetapi di satu sisi, salak juga dapat menyebabkan sembelit apalagi bagi Bunda yang sedang hamil. Sehingga, selama kehamilan Bunda sebaiknya tidak terlalu banyak mengonsumsinya.

Pada kehamilan, sembelit disebabkan oleh peningkatan hormon, suplementasi zat besi, asupan serat dan air yang tidak tercukupi, kurangnya aktivitas, serta keterlambatan kebiasaan BAB.

Pembahasan lebih lengkap klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Benarkah kopi bisa menyebabkan sembelit? Simak pembahasannya dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



ATURAN MAKAN BUAH ALAK UNTUK IBU HAMIL
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!