sign up SIGN UP search


kehamilan

Tangis Suami Dampingi Jasad Istri, Nakes yang Meninggal karena COVID-19 Saat Hamil

Annisa Karnesyia Jumat, 25 Jun 2021 13:58 WIB
BUNDA HAMIL DAN COVID-19
Pasien Corona caption

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), wanita hamil dapat berisiko terkena COVID-19. Risiko dapat meningkat bila wanita tersebut berusia lebih tua, kelebihan berat badan, dan memiliki kondisi medis, seperti hipertensi dan diabetes.

Ketika bumil mengembangkan penyakit parah, mereka mungkin membutuhkan perawatan khusus di rumah sakit dibandingkan wanita tidak hamil di usia reproduksinya.

"Perubahan tubuh dan sistem kekebalan dapat memengaruhi ibu hamil, termasuk mengalami infeksi pernapasan. Oleh karena itu, penting bagi mereka untuk melakukan tindakan pencegahan untuk melindungi diri dari COVID-19 dan melaporkan kemungkinan bila mengalami gejala kepada penyedia layanan kesehatan," tulis WHO dalam laman resminya.


Pemeriksaan kesehatan penting dilakukan selama masa kehamilan. Namun, protokol tes COVID-19 untuk bumil dapat menyesuaikan aturan di mana Bunda tinggal. WHO sendiri merekomendasikan ibu hamil dengan gejala COVID-19 harus diprioritaskan mendapatkan tes COVID-19.

Tak cuma selama kehamilan, menjelang persalinan pun, Bunda perlu melakukan persiapan yang matang di masa pandemi ini. Simak penjelasan dari dokter di halaman berikutnya ya.

PERSALINAN PADA BUMIL YANG POSITIF COVID-19
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!