sign up SIGN UP search


kehamilan

Tangis Suami Dampingi Jasad Istri, Nakes yang Meninggal karena COVID-19 Saat Hamil

Annisa Karnesyia Jumat, 25 Jun 2021 13:58 WIB
PERSALINAN PADA BUMIL YANG POSITIF COVID-19
Ilustrasi pasien di rumah sakit caption

Proses persalinan bumil yang positif COVID-19 tentu berbeda dari yang tidak positif ya, Bunda. Menurut dokter kandungan, dr. Ilham Utama Surya SpOG, proses melahirkan bumil yang positif COVID-19 dilakukan berdasarkan derajat keparahannya. Dokter akan melihat apakah keadaan tersebut bisa mengancam ibu atau bayinya saat proses persalinan.

"Dilihat dulu, apakah ringan, ringan tanpa gejala, severe (berat), atau critical ill. Ini harus dilihat dulu keadaannya untuk proses persalinan. Pokoknya sangat tergantung dengan derajat keparahannya," ujar Ilham kepada HaiBunda beberapa waktu lalu.

Menurut WHO dan beberapa lembaga di dunia, untuk derajat ringan dan tanpa gejala, Bunda masih bisa melahirkan secara normal. Dalam hal ini, COVID-19 bukan indikasi bagi Bunda untuk melahirkan dengan prosedur operasi caesar.


"Itu yang harus ditekankan, bahwa keputusan melahirkan dengan operasi caesar tergantung keadaan medis pada ibu dan bayinya," kata Ilham.

Perlu diingat, kondisi setiap ibu hamil dengan COVID-19 yang mau melahirkan tidak sama. Bila ada keadaan yang mengancam ibu dan bayi, proses persalinan mungkin harus segera dilakukan dengan operasi caesar.

(ank/rap)
HALAMAN :
ARTIKEL SELANJUTNYA
Share yuk, Bun!

Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!